Sukses

Tuangkan Ide Bangun Kota Jakarta lewat Proposal dan Poster dan Raih Puluhan Juta Rupiah

Jakarta Development Collaboration mengajak masyarakat menciptakan ide-ide kolaborasi terbaik melalui kompetisi pembuatan ide dalam bentuk proposal dan poster.

Liputan6.com, Jakarta Sebagai sebuah kota yang terus bertumbuh Kota Jakarta senantiasa berbenah untuk selalu bisa menjawab segala tantangan serta menghadirkan pembangunan berkesinambungan dari segala sektor yang sesuai dengan dinamika kebutuhan masyarakatnya. Karena itulah kolaborasi yang terbangun erat antara warga dan pemerintah daerah dapat menciptakan harmoni pembangunan yang selaras dalam segala bidang.

Situasi pandemi yang berkepanjangan saat ini bisa jadi menjadi tantangan terberat yang pernah dihadapi oleh negara umumnya dan DKI Jakarta khususnya. Namun, dengan kolaborasi warga dan pemerintah bersama-sama kita dapat menemukan solusi-solusi untuk mampu bertahan di segala bidang. Karena itulah Jakarta Development Collaboration (JDCN) dibentuk sebagai wadah untuk mengajak masyarakat berkontribusi menjadikan Kota Jakarta yang tangguh menghadapi tantangan di segala bidang.

Kepala Biro Kerja Sama Daerah Provinsi DKI Jakarta, Andhika Permata, menjelaskan, dalam upaya mengembangkan jangkauan JDCN, Pemprov DKI Jakarta akan menyelenggarakan JDCN Forum 2020 pada 17 – 18 Desember mendatang. Namun, sebelumnya, diadakan sejumlah kompetisi mengusung kolaborasi warga dengan beberapa tema pilihan.

“Kami mengajak warga mengabadikan bentuk aktivitas kolaborasi, bisa dalam bentuk foto, video, bahkan yel-yel penyemangat untuk warga Jakarta. Tentunya, tetap perhatikan protokol kesehatan pencegahan COVID-19 saat mengabadikan momen-momen tersebut,” terangnya, pada Selasa, (17/11/2020).

“Adapun tema pilihan yang disediakan, yaitu kemiskinan, kebersihan, keagamaan, kesehatan, kebencanaan, sosial, ekonomi, pendidikan, penghijauan, serta keamanan dan ketertiban,” tambahnya.

Karena hal itulah JDCN berinisiatif mengajak masyarakat menciptakan ide-ide kolaborasi terbaik melalui kompetisi pembuatan ide dalam bentuk proposal dan poster sebagai bagian dari rangkaian acara dari JDCN Forum 2020 yang akan digelar pada 17-18 Desember mendatang.

 

Adapun mekanisme untuk mengikuti kompetisi ide dalam bentuk proposal dan poster adalah sebagai berikut,

  1. Membuat dan merencanakan proposal dan poster berupa ide kolaborasi yang dapat mereka realisasikan secara nyata yang dapat memberikan kontribusi kepada masyarakat.
  2. Upload proposal dan poster beserta data diri di Google Form ini : https://bit.ly/jdcnidea.
  3. Proposal atau slide presentasi sebaiknya memiliki :  
  • Memiliki Pengantar (latar belakang, maksud dan tujuan) secara singkat  
  • Memiliki Ide Kolaborasi (program, skema & strategi, lokasi, waktu, biaya dan risiko)  
  • Boleh Menyertakan Referensi atau Lampiran tambahan - Maksimal 10 slide dan minimal 2 slide dalam bentuk PDF.

4. Poster harus memiliki Judul dan Copywriting yang menarik dan menggambarkan isi dari proposal. Poster dikirim dalam bentuk file JPG   Untuk lomba proposal dan poster juri akan memilih 5 nominasi poster pilihan yang akan diunggah di Instagram @JDCNforum. Akan ditentukan poster pemenang utama dan favorit. Khusus pemenang favorit akan dipilih berdasarkan pertimbangan jumlah likes, share dan comment.

Bagi pemenang ide proposal dan poster terbaik akan mendapat uang pembinaan sebesar Rp20 juta, sedangkan juara favorit akan mendapat uang pembinaan Rp10juta.

Sebagai informasi, periode lomba foto berlangsung pada 12-30 November 2020, kemudian seleksi dan penjurian pada 1-7 Desember 2020 serta pemenang akan diumumkan pada 18 Desember 2020.

Tunggu apalagi, siapkan ide terbaikmu memajukan Jakarta sekarang! Selamat berkompetisi.

 

(*)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini