Sukses

INFOGRAFIS: Potensi Letusan Gunung Merapi Lebih Hebat dari 2006?

Seiring upaya antisipasi dan mitigasi bencana, BPPTKG memprediksi potensi letusan Gunung Merapi. Termasuk menganalisis skenario letusan Merapi.

Liputan6.com, Jakarta - Aktivitas vulkanik Gunung Merapi di perbatasan Jawa Tengah dan Daerah Istimewa Yogyakarta terus dipantau. Terutama, setelah penetapan Status Level III atau Siaga pada 5 November 2020.

Zona bahaya pun telah ditetapkan hingga radius 5 kilometer dari puncak Gunung Merapi. Tercatat, hingga 11 November 2020, sebanyak 1.294 warga dalam kategori prioritas telah dievakuasi atau diungsikan.

Seiring upaya antisipasi dan mitigasi bencana, Balai Penyelidikan dan Pengembangan Teknologi Kebencanaan Geologi atau BPPTKG memprediksi potensi letusan. Diperkirakan, volume magma saat ini melebihi kondisi pada 2006.

Bagaimana skenario letusan Gunung Merapi berdasarkan analisis BPPTKG? Bagaimana prediksi sebaran daerah bahaya? Simak dalam Infografis berikut ini:

Video Pilihan

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Infografis

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.