Sukses

Hari Pahlawan, Jokowi: Perjuangan Kita Kini Memutus Penyebaran Covid-19

Liputan6.com, Jakarta Presiden Joko Widodo atau Jokowi mengajak masyarakat Indonesia untuk mengenang jasa-jasa para pahlawan yang telah gugur. Jokowi mengingatkan masyarakat untuk meneruskan perjuangan para pahlawan.

"Perjuangan kita kini adalah memutus rantai penyebaran pandemi Covid-19 yang sudah delapan bulan mendera negeri ini," ujar Jokowi dikutip dari akun instagramnya @jokowi, Selasa (10/11/2020).

Dalam cuitannya di instagram, Jokowi juga mengunggah sebuah karikatur bergambar pahlawan yang memegang bendera merah putih. Kemudian, ada pula gambar tenaga kesehatan yang selama delapan bulan berjuang menangani pasien Covid-19.

Dia menekankan bahwa bangsa Indonesia masih berdiri tegak hingga kini karena jasa-jasa para pahlawan. Untuk itu, jasa-jasa para pahlawan tak boleh terlupakan.

"Bangsa ini masih tegak berdiri dan maju berlayar mengarungi zaman karena perjuangan para pahlawan. Mereka hadir di setiap masa dan menyambut setiap tantangan," jelas Jokowi.

Sebelumnya, Jokowi menjadi Inspektur Upacara Ziarah Nasional dalam rangka memperingati Hari Pahlawan, Selasa pagi. Upacara digelar di Taman Makam Pahlawan (TMP) Kalibata Jakarta Selatan.

Jokowi yang didampingi Wapres Ma'ruf Amin lalu melalukan tabur bunga di sejumlah makam pahlawan, salah satunya Ketua MPR RI periode 2009-2014 Taufiq Kiemas. Jokowi dan Ma'ruf pun tampak mendoakan arwah pahlawan.

 

 

** #IngatPesanIbu

Pakai Masker, Cuci Tangan Pakai Sabun, Jaga Jarak dan Hindari Kerumunan.

Selalu Jaga Kesehatan, Jangan Sampai Tertular dan Jaga Keluarga Kita.

2 dari 3 halaman

Beri Gelar Pahlawan Nasional

Setelah upacara, Jokowi akan memberikan gelar pahlawan nasional kepada enam tokoh yang dianggap berjasa bagi bangsa dan negara semasa hidupnya. Menteri Sosial Juliari Batubara mengatakan pemberian gelar pahlawan ini digelar di Istana Negara Jakarta.

Berikut enam tokoh yang akan dianugerahi gelar pahlawan nasional tahun 2020:

1. Sultan Baabullah dari Provinsi Maluku Utara

2. Machmud Singgirei Rumagesan dari Provinsi Papua Barat

3. Jenderal Pol (Purn) Raden Said Soekanto Tjokrodiatmodjo merupakan Kapolri pertama. Domisili di DKI Jakarta

4. Arnold Mononutu dari Provinsi Sulawesi Utara. Diamerupakan tokoh pergerakan dan pernah jadi Menteri Penerangan RI era Presiden Soekarno

5. Mr. Sutan Mohammad Amin Nasution dari Sumatera Utara

6. Raden Mattaher Bin Pangeran Kusin Bin Adi dari Provinsi Jambi

3 dari 3 halaman

Saksikan video pilihan di bawah ini: