Sukses

Jokowi Pimpin Upacara Peringatan Hari Pahlawan di TMP Kalibata

Jokowi menjadi Inspektur Upacara Ziarah Nasional dalam rangka memperingati Hari Pahlawan, Selasa (10/11/2020).

Liputan6.com, Jakarta Presiden Joko Widodo atau Jokowi menjadi Inspektur Upacara Ziarah Nasional dalam rangka memperingati Hari Pahlawan, Selasa (10/11/2020). Upacara digelar di Taman Makam Pahlawan (TMP) Kalibata, Jakarta Selatan.

Berdasarkan pantauan di Youtube Sekretariat Presiden, Jokowi memasuki lokasi upacara sekitar pukul 08.10 WIB didampingi Wapres Mahfud Md. Keduanya tampak memakai masker bewarna hitam sebagai protokol kesehatan mencegah penularan virus corona (Covid-19).

Tak lama, prosesi upacara pun dimulai pada pukul 08.13 dengan memberikan penghormatan kepada arwah para pahlawan. Kemudian, Jokowi memimpin prosesi mengheningkan cipta untuk mengenang jasa pahlawan.

Upacara peringatan Hari Pahlawan juga dihadiri oleh beberapa menteri Kabinet Indonesia Maju. Mereka antara lain, Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan Mahfud Md, Menteri Sosial Juliari Batubara, Menteri Agama Fachrul Razi, Kepala Staf Kepresidenan Moeldoko, Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto, dan Kapolri Jenderal Idham Azis.

Baik para menteri maupun petugas upacara menerapkan protokol kesehatan yakni, memakai masker dan menjaga jarak aman. Dalam kesempatan ini, Jokowi juga meletakkan karangan bunga sebagai tanda penghormatan kepada arwah pahlawan.

Jokowi dan Ma'ruf Amin lalu melakukan tabur bunga di makam pahlawan, salah satunya Ketua MPR RI periode 2009-2014 Taufiq Kiemas. Jokowi dan Ma'ruf pun tampak mendoakan arwah pahlawan.

 

 

** #IngatPesanIbu

Pakai Masker, Cuci Tangan Pakai Sabun, Jaga Jarak dan Hindari Kerumunan.

Selalu Jaga Kesehatan, Jangan Sampai Tertular dan Jaga Keluarga Kita.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Berikan Gelar Pahlawan Nasional

Setelah upacara, Jokowi memberikan gelar pahlawan nasional kepada enam tokoh yang dianggap berjasa bagi bangsa dan negara semasa hidupnya. Menteri Sosial Juliari Batubara mengatakan pemberian gelar pahlawan ini akan digelar di Istana Negara Jakarta.

Berikut enam tokoh yang akan dianugerahi gelar pahlawan nasional tahun 2020:

1. Sultan Baabullah dari Provinsi Maluku Utara

2. Machmud Singgirei Rumagesan dari Provinsi Papua Barat

3. Jenderal Pol (Purn) Raden Said Soekanto Tjokrodiatmodjo merupakan Kapolri pertama. Domisili di DKI Jakarta

4. Arnold Mononutu dari Provinsi Sulawesi Utara. Dia merupakan tokoh pergerakan dan pernah jadi Menteri Penerangan RI era Presiden Soekarno

5. Mr. Sutan Mohammad Amin Nasution dari Sumatera Utara

6. Raden Mattaher Bin Pangeran Kusin Bin Adi dari Provinsi Jambi

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.