Sukses

Wapres Ma'ruf Amin: Kebebasan Berekspresi Tak Boleh Cederai Kesucian Simbol Agama

Wapres Ma'ruf Amin mengatakan, tidak ada satu agama pun yang menoleransi terorisme.

Liputan6.com, Jakarta - Wakil Presiden Ma'ruf Amin mengatakan tidak ada satu agama pun yang mendiamkan tindak terorisme dan kekerasan terhadap umat beragama. Hal itu disampaikan Wapres untuk menanggapi pernyataan Presiden Prancis Emmanuel Macron yang memicu gejolak aksi protes di berbagai negara berpenduduk Islam, termasuk Indonesia.

"Pernyataan (Macron) tidak bisa dibenarkan, sebab tidak ada satu agama pun yang tentu menoleransi terorisme. Oleh karena itu, agama adalah agama, (sementara) terorisme adalah terorisme. Jadi sebenarnya hal yang itu juga bisa menimbulkan kemarahan dari banyak pihak," kata Ma'ruf Amin dalam keterangannya di Jakarta, Jumat (6/11/2020).

Kebebasan berekspresi, termasuk dalam menyampaikan pendapat, memang menjadi bagian dari demokrasi dan hak seluruh warga negara di dunia, namun hendaknya kebebasan tersebut tidak mencederai kehormatan dan kesucian nilai dan simbol agama.

"Berekspresi itu tidak boleh mencederai kehormatan dan kesucian nilai-nilai dan simbol agama, karena itu sekali lagi tidak bisa dibenarkan dan harus dihentikan," tegas Ma'ruf yang dikutip dari Antara.

 

** #IngatPesanIbu

Pakai Masker, Cuci Tangan Pakai Sabun, Jaga Jarak dan Hindari Kerumunan.

Selalu Jaga Kesehatan, Jangan Sampai Tertular dan Jaga Keluarga Kita.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Jokowi Kecam Pernyataan Macron

Aksi protes terhadap Presiden Prancis muncul setelah Macron menyebut Islam sebagai agama yang sedang mengalami krisis di seluruh dunia. Pernyataan Macron tersebut dilontarkan setelah terjadi dua aksi terorisme yang dipicu oleh polemik kartun Nabi Muhammad di Prancis.

Presiden Joko Widodo juga mengecam keras pernyataan Macron itu, dengan mengatakan ucapan Presiden Prancis telah melukai perasaan umat Islam di seluruh dunia.

“Indonesia juga mengecam keras pernyataan Presiden Prancis yang menghina agama Islam, yang telah melukai perasaan umat Islam di seluruh dunia,” kata Jokowi.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.