Sukses

Kota Tangerang Keluar dari Zona Merah Covid-19

Arief mengklaim, penurunan penyebaran Covid-19 di Kota Tangerang tak lepas dari upaya pemerintah salah satunya menyiapkan hotel menjadi lokasi isolasi OTG.

Liputan6.com, Jakarta - Kota Tangerang berhasil menurunkan angka penyebaran virus corona Covid-19 di wilayahnya. Kota Tangerang yang sempat masuk dalam zona merah penyebaran Covid-19, kini telah berubah menjadi zona oranye.

Wali Kota Tangerang, Arief R Wismansyah mengatakan, upaya pemerintah kota dalam menekan angka penyebaran Covid-19 mulai menampakan hasil yang baik.

Hal ini tak lepas dari berbagai upaya yang dilakukan oleh Pemkot Tangerang, salah satunya melalui penyediaan fasilitas isolasi bagi masyarakat terjangkit Covid-19 dengan status tanpa gejala.

"Kemarin Hotel Kyriad sudah operasional dan hingga saat ini sudah 51 kamar yang terpakai dari total kamar yang tersedia sebanyak 165 kamar," kata Wali Kota Arief di Tangerang, Rabu (7/10/2020).

Secara rinci, Arief menjabarkan saat ini Hotel Kyriad yang merupakan salah satu fasilitas isolasi tambahan, hanya boleh digunakan untuk menampung masyarakat yang terkonfirmasi Covid-19 tanpa memiliki gejala dengan rentang usia 12-60 tahun.

"Karena di sana tidak ada fasilitas kesehatan seperti di Puskesmas isolasi terkonsentrasi. Yang memiliki gejala ringan dan sedang akan dirawat di Puskesmas yang sudah disediakan, dan yang gejala berat dirawat di rumah sakit," ujar Wali Kota Tangerang.

 

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Satu Tower Khusus Isolasi Pasien Covid-19

Sekretaris Dinas (Sekdis) Kesehatan, Kota Tangerang, dr Dini menuturkan, Pemerintah Kota Tangerang mulai Senin (5/10), resmi menggunakan Hotel Kyriad, Kecamatan Neglasari, sebagai lokasi isolasi mandiri pasien Covid-19.

Ia mengungkapkan, lokasi isolasi mandiri Hotel Kyriad ini dikhususkan bagi pasien positif Covid-19 tanpa gejala sakit (OTG). Sejauh ini, Dinas Kesehatan telah mempersiapkan tenaga kesehatan yang akan bertugas di lokasi isolasi Hotel Kyriad.

“Tenaga medis bisa saja berkurang atau bertambah sesuai situasi dan kondisi nanti sepanjang proses penanganan. Semoga dengan lokasi yang nyaman, pasien bisa lebih cepat pada proses pemulihan. Tak terkecuali para tenaga medis yang bisa bekerja lebih maksimal dengan lokasi yang mendukung dan kelengkapan alat medis yang memadai,” jelasnya.

Wakil Wali Kota Tangerang Sachrudin mengatakan, telah disiapkan satu tower khusus dengan total tujuh lantai berkapasitas 165 kamar untuk pasien positif Covid-19 berstatus OTG.

Sachrudin berharap dengan disiapkan hotel sebagai tempat isolasi pasien Covid-19 ini, bisa menjadi salah satu alternatif bagi pemerintah daerah untuk menekan angka penyebaran virus corona dan meningkatkan angka kesembuhan di Kota Tangerang.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.