Sukses

Kementerian PPPA Susun Protokol Kesehatan Tekan Angka Covid-19 di Kluster Keluarga

Kementerian PPPA akan berkoordinasi dengan Satgas untuk membuat protokol kesehatan di keluarga untuk mencegah penyebaran Covid di dalam dan di luar rumah.

Liputan6.com, Jakarta - Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPPA) Bintang Puspayoga menyatakan, pihaknya akan berkoordinasi dengan Satuan Tugas Penanggulangan Covid-19 untuk membahas terkait protokol kesehatan keluarga. Hal ini seiring meningkatnya angka penyebaran kasus Covid-19 pada kluster keluarga. 

"Kami Kementerian PPPA akan berkoordinasi dengan Satgas untuk membuat protokol kesehatan di keluarga untuk mencegah penyebaran Covid di dalam dan di luar rumah," kata Bintang dalam konferensi pers, Kamis (24/9/2020).

Protokol kesehatan tersebut nantinya dapat pula dijadikan sebagai acuan bagi seluruh keluarga di Indonesia. Terutama mereka yang anggota keluarganya terpapar Covid-19.

"Harapan kami protokol kesehatan keluarga juga ini dapat dilakukan di untuk anggota keluarga yang terinfeksi. Langkah-langkah apa yang harus dilakukan," ucapnya.

Bintang pun mengimbau agar masyarakat tak lupa untuk menggunakan masker meski di rumah. Hal tersebut kata dia, untuk pencegahan penyebaran virus Corona atau Covid-19 di kluster keluarga. 

"Dalam kesempatan ini terutamanya perempuan sebagai manager rumah tangga harus mengingatkan keluarganya. Walaupun di dalam rumah kami sarankan untuk tetap memakai masker. Apalagi di dalam keluarga ada kelompok rentan balita dan lansia," papar dia.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Penyebab Kluster Keluarga Meningkat

Dia menjelaskan, salah satu faktor penyebab meningkatnya kasus positif Covid-19 dalam keluarga diakibatan ada anggota keluarga yang masih beraktivitas di luar rumah. Seperti bekerja. 

Terkait hal ini Bintang mengimbau agar masyarakat yang masih bekerja di luar rumah, dapat menjalankan protokol kesehatan sebelum bertemu dengan keluarga.

"Sebelum masuk rumah saya sarankan harus bersih-bersih badan semuanya dulu, barulah berinteraksi dengan keluarga," jelas Bintang.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.