Sukses

Kementan Gelar Pelatihan Literasi Edukasi dan Keuangan untuk Kelompok Tani

Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo berharap kegiatan ini bisa dimanfaatkan dengan baik.

Liputan6.com, Jakarta - Balai Penyuluhan Pertanian (BPP) Kostratani Binuang di Kabupaten Tapin, Kalimantan Selatan, menjadi pelaksana Pelatihan Literasi Edukasi dan Keuangan (PLEK), 14-17 September 2020. Sebanyak 20 kelompok tani dan penyuluh swadaya beserta istri, mengikuti kegiatan PLEK yang dilaksanakan oleh Dinas Pertanian Kabupaten Tapin.

Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo berharap kegiatan ini bisa dimanfaatkan dengan baik.

"PLEK IPDMIP menjadi salah satu program untuk memperkuat SDM dan juga bagian pengelolaan kelompok tani. Untuk itu, kita berharap peserta bisa mengikuti pelatihan dengan serius dan diimplementasikan di lapangan," tuturnya.

Sementara Kepala BPPSDMP Kementan Dedi Nursyamsi mengatakan, kegiatan PLEK merupakan bagian program Integrated Participatory Development and Management of Irrigation Program (IPDMIP).

"Program ini bertujuan untuk meningkatkan ketahanan pangan, agar petani dapat menyusun dan merencanakan keuangan usaha tani sehingga keuangan usaha tani mereka dapat terkontrol dan dapat memanfaatkan layanan perbankan. Sehingga kesejahteraan petani dapat terwujud," tutur Dedi.

Sebagai pemateri dan pendamping dalam pelaksanaan pelatihan PLEK adalah penyuluh lapangan setempat yang sudah mendapatkan pelatihan PLEK secara online.

Kondisi lokasi peserta yang sangat berjauhan membuat kegiatan tidak bisa digabung di BPP Binuang. Pelaksanaan Pelatihan PLEK dibagi menjadi 3 BPP Kostratani. Selain BPP Binuang yang diikuti 6 kelompok terdiri dari 12 orang suami dan istri.

Dalam waktu bersamaan, PLEK juga dilaksanakan di BPP Lokpaikat diikuti oleh 20 orang peserta suami dan istri, selanjutnya di BPP Candi Laras Utara diikuti oleh 8 orang peserta suami dan istri sehingga jumlah peserta menjadi 40 orang.

Dalam arahannya Kepala Balai Penyuluhan Pertanian Binuang Supian Nor meminta peserta dapat menyimak secara baik dan rinci pembelajaran pengelolaan keuangan ini.

"Karena petani harus tahu pengelolaan keuangan, supaya petani bisa mengevaluasi usaha yang dilakukan," katanya.

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Meningkatkan Kesejahteraan Keluarga

Peserta sangat antusias dalam mengikuti kegiatan ini, seperti Mansyah dari Kelompok Tani Teluk Bingah yang semula tidak tahu cara menghitung keuntungan usaha taninya.

Setelah mengikuti PLEK ini, dia mengaku dapat mengetahui dan merencanakan keuangan usaha taninya serta optimistis dapat meningkatkan kesejahteraan keluarganya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.