Sukses

Wagub DKI Sebut Mal Lebih Aman dari Kantor Selama Pandemi Covid-19, Kenapa?

Wakil Gubernur DKI Jakarta, Ahmad Riza Patria, menyebut risiko penyebaran virus Corona di perkantoran lebih tinggi. Begini penjelasannya.

Liputan6.com, Jakarta - Tingkat penularan Covid-19 di DKI Jakarta mengkhawatirkan. Wakil Gubernur DKI Jakarta, Ahmad Riza Patria, menyebut risiko penyebaran virus Corona di perkantoran lebih tinggi.

Dia bahkan mengatakan, lebih aman berada di mal ketimbang di kantor selama pandemi Covid-19. Kenapa?

Menurut dia, hal ini terkait dengan potensi jaga jarak antarmanusia dalam sebuah ruangan. Ukuran ruangan di mal jauh lebih luas dibanding kantor.

Selain itu, mal memiliki langit-langit yang tinggi daripada kantor, sehingga sirkulasi udara dianggap lebih baik. Terlebih lagi, di kantor suka ada sekat antarruang yang membuat pergerakan terbatas.

"Lebih aman di mal daripada di kantor. Di kantor ruangannya terbatas, ada AC, sesama teman di kantor rentan (saling) menularkan karena sama teman sejawat, jadinya ngobrol, diskusi, berhadapan, dan membuka masker," kata pria yang akrab disapa Ariza itu di Balai Kota DKI Jakarta, Jumat, 4 September 2020.

Menurut dia, saat ini tingkat kunjungan ke mal masih rendah. Ini berdasar hasil survei yang dilakukan Pemprov DKI.

Survei tersebut menunjukkan sebagian besar warga DKI Jakarta enggan pergi ke mal selama pandemi Covid-19. Jumlah pengunjung mal mencapai hanya 17-25 persen. Padahal, kuota pengunjung mal dibatasi sampai 50 persen.

"Kalau mau jujur, sekalipun mal dibuka 50 persen, tidak sampai 50 persen (jumlah pengunjungnya). Datanya (menunjukkan) 17 sampai 25 persen. Jadi orang tidak mau ke mal, orang menghindari," ujar Ariza.

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

5 Klaster Paling Rentan Penularan Covid-19

Ariza mengurutkan lima klaster yang sangat rentan terhadap penularan Covid-19. Kelima klaster itu berturut-turut adalah pesawat, kantor, mal, restoran, dan bioskop.

Riza mengatakan, tingkat penularan di bioskop paling rendah di antara lima klaster itu. Semua penonton menghadap satu arah dan tempat duduk diberi jarak. Hal tersebut meminimalisasi penularan melalui droplet. Penonton juga tak diperkenankan berbicara selama menonton.

"Yang paling rentan pertama itu pesawat karena duduknya saling berdekatan tidak seperti bioskop. Hindarilah naik pesawat," ujar Ariza.

Sebelumnya, Tim Pakar Satuan Tugas (Satgas) Penanganan Covid-19 telah menganalisis tempat-tempat yang menjadi klaster penularan Covid-19 tertinggi. Analisis ini dilakukan pada periode 4 Juni hingga 24 Agustus 2020. Hasilnya menunjukkan, perkantoran berada di urutan ketiga klaster penyumbang kasus Covid-19 terbanyak. Di urutan pertama, ada rumah sakit dan di urutan kedua ada klaster dari contact tracing.

"Kita lihat memang paling banyak penyumbang kasus di DKI Jakarta adalah pasien di rumah sakit. Trennya meningkat, kira-kira sebulan lalu persentasenya 50 persen, sekarang naik 62 persen. Jadi memang cukup banyak pasien datang ke rumah sakit yang sudah punya gejala," kata Dewi saat konferensi pers di Gedung BNPB, Jakarta Timur 2 September 2020.

 

Reporter: Rifa Yusya Adilah

Sumber: Merdeka

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.