Sukses

Prabowo Minta Mahasiswa Unhan Kuasai Iptek dan Buat Terobosan Baru

Liputan6.com, Jakarta - Menteri Pertahanan (Menhan) Prabowo Subianto meminta mahasiswa Universitas Pertahanan (Unhan) betul-betul menguasai ilmu pengetahuan dan teknologi. Menurut dia, kedua hal itu merupakan kunci untuk memajukan Indonesia.

Hal ini disampaikan Prabowo saat memimpin Upacara Pembukaan Pendidikan Mahasiswa S1, S2, dan S3 Unhan tahun ajaran 2020-2021 di Lapangan Universitas Pertahanan Sentul Bogor Jawa Barat, Sabtu (29/8/2020). Acara ini ditayangkan secara virtual di Youtube.

"Tidak mungkin pembangunan suatu bangsa dilaksanakan tanpa penguasaan ilmu pengetahuan dan teknologi," ujar Prabowo saat memberikan amanat.

Untuk itu, Prabowo menilai perlunya mencetak kader-kader bangsa melalui pembukaan empat 4 fakultas dan 10 program studi baru di Unhan. Hal ini juga mengantisipasi ancaman-ancaman yang mungkin terjadi di masa datang, seperti pandemi virus corona (Covid-19).

"Sudah bisa kita lihat, di saat kita alami sekarang wabah pandemi Covid-19 yang telah berhasil memperlambat peradaban manusia di seluru dunia dan mengancam kesejahteraan termasuk republik kita," jelasnya.

Selain itu, dia juga meminta 300 mahasiswa baru Universitas Pertshanan tahun ajaran 2020/2021 membuat terobosan dan inovasi baru. Pasalnya, kata dia, bisa saja perang di masa depan menggunakan senjata yang tak pernah dibayangkan manusia sebelumnya.

"Perang akan datang bisa saja menggunakan senjata baru yang tidak pernah dibayangkan oleh manusia, bisa menjadi senjata untuk menghancurkan peradaban manusia untuk menghancurkan negara-negara," tutur Prabowo.

2 dari 2 halaman

Fakultas dan Program Studi

Adapun fakultas dan program studi Unhan tahun 2020 antara lain:

Fakultas Kedokteran Militer

1. Program Studi Pendidikan Kedokteran

Fakultas Farmasi Militer

1. Program Studi Ilmu Farmasi

Fakultas MIPA Militer

1. Program Studi Matematika

2. Program Studi Biologi

3. Program Studi Kimia

4. Program Studi Biologi

Fakultas Teknik Militer

1. Program Studi Teknik Informatika

2. Program Studi Teknik Elektro

3. Program Studi Teknik Mesin

4. Program Studi Teknik Konstruksi Bangunan Militer