Sukses

Top 3 News: Motif Kuat Pembunuh Bos Pelayaran hingga Datangkan Eksekutor dari Lampung

Top 3 News, NL merencanakan pembunuhan bos pelayaran di Hotel Ciputra, Cibubur, Jakarta Timur, pada 9 Agustus 2020

Liputan6.com, Jakarta Top 3 News hari ini, motif NL melakukan pembunuhan terhadap Sugianto (51) diketahui karena dendam akibat dilecehkan dan terkait dugaan penggelapan uang perusahaan milik korban lantaran takut dilaporkan.

Selain itu, dalam reka ulang yang belum lama ini digelar terungkap fakta bahwa NL telah merencanakan pembunuhan tersebut sejak Maret 2020. Lokasi pertama di salah satu hotel di kawasan Tangerang, di kediaman NL, dan terakhir di salah satu hotel di Cibubur.

Sementara, ide pembunuhan dengan senjata api muncul di H-3, 13 Agustus 2020. Pada hari itu, sang eksekutor yang didatangkan dari Lampung menembakkan timah panas sebanyak lima kali ke tubuh bos pelayaran tersebut.

Berita terkait subsidi gaji yang diluncurkan belum lama ini oleh Presiden Joko Widodo juga banyak menuai sorotan. Sebanyak 2,5 juta pekerja di Tanah Air, mulai Kamis, 27 Agustus kemarin mendapatkan subsidi gaji sebesar Rp 600.000 per bulan untuk empat bulan ke depan.

Penerima subsidi adalah pekerja atau buruh yang pendapatannya di bawah Rp 5 juta dan rutin membayar iuran BPJS Ketenagakerjaan.

Salah satunya adalah Evisonia Simbolon. Perawat RS Mitra Keluarga ini mengaku bersyukur mendapatkan subsidi gaji dari pemerintah.

Saat bertemu Jokowi, dia mengaku gajinya dipotong selama beberapa bulan oleh pihak rumah sakit akibat pandemi Corona. 

Berikut deretan berita terpopuler di kanal News Liputan6.com, sepanjang Kamis, 27 Agustus 2020:

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

1. 6 Fakta Terkait NL, Otak Pembunuhan Bos Pelayaran di Kelapa Gading

Pembunuhan bos pelayaran di Kelapa Gading, dimotori karyawati korban berinisial NL. Bos pelayaran ditembak lima kali di Royal Square, Kelapa Gading, Jakarta Utara pada Kamis, 13 Agustus 2020 lalu.

Dari reka ulang yang dilakukan, NL merencanakan pembunuhan di Hotel Ciputra, Cibubur, Jakarta Timur, 9 Agustus 2020. Saat itu NL bersama tersangka lainnya, MM, RS, dan AJ.

"Tiba-tiba NL kesurupan almarhum ayahnya, karena diketahui MM, RS, dan AJ, adalah murid dari ayah NL yang merupakan seorang guru spiritual," kata Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Yusri Yunus di Mapolda Metro Jaya, Selasa, 25 Agustus 2020.

Terungkap pula, tersangka NL merencanakan pembunuhan terhadap bosnya, Sugianto sejak Maret 2020.

"NL sudah berencana melakukan pembunuhan sejak Maret 2020, namun ditolak MM. NL kemudian rapat lagi, kali ini tawarkan imbalan Rp 200 juta," jelas Jean usai reka adegan perkara di Ruko Royal Gading Square, Jakarta Utara.

 

Selengkapnya...

3 dari 4 halaman

2. Resmi Diluncurkan Jokowi, Sebanyak 2,5 Juta Pekerja Dapat Subsidi Gaji Rp 600.000 Hari Ini

Presiden Joko Widodo atau Jokowi resmi meluncurkan subsidi gaji Rp 600.000 bagi pekerja atau buruh yang pendapatannya dibawah Rp 5 juta. Adapun target penerima subsidi gaji tersebut sebanyak 15,7 juta pekerja.

"Hari ini kita lengkapi yang namanya subsidi tambahan gaji totalnya diberikan 15,7 juta pekerja," kata Jokowi saat peluncuran seperti yang ditayangkan di Youtube Sekretariat Presiden, Kamis (28/8/2020).

Penyaluran subsidi gaji ini akan dibagikan secara bertahap hingga September 2020. Untuk tahap awal, subsidi Rp 600.000 ribu diberikan ke 2,5 juta pekerja.

Jokowi menjelaskan subsidi gaji ini hanya diberikan kepada para pekerja yang terdaftar di BPJS Ketenagakerjaan. Menurut dia, subsidi ini sebagai bentuk penghargaan kepada para pekerja yang rutin membayar iuran BPJS Ketenagakerjaan.

 

Selengkapnya...

4 dari 4 halaman

3. Menangis di Depan Jokowi, Perawat Ini Curhat Gajinya Dipotong

Evisonia Simbolon, salah seorang perawat RS Mitra Keluarga mengaku bersyukur mendapatkan subsidi gaji dari pemerintah. Dia mengatakan bantuan tersebut sangat membantunya di tengah krisis akibat pandemi Covid-19.

Hal itu disampaikannya saat berdialog dengan Presiden Joko Widodo atau Jokowi saat peluncuran subsidi gaji di Istana Negara Jakarta, Kamis (28/8/2020).

Evisonia juga menceritakan bahwa gajinya dipotong selama beberapa bulan oleh pihak rumah sakit akibat pandemi Corona.

Untuk itu, dia pun berterima kasih kepada Jokowi dan pemerintah atas bantuan tersebut. Jokowi pun bertanya akan digunakan untuk apa uang bantuan tersebut.

"Ibu terima 1,2 juta, bulanan sudah dapat gaji juga. (Subsidi gaji) mau dipakai apa?" tanya Jokowi.

 

Selengkapnya...

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.