Sukses

Sandiaga Yakin UMKM Bisa Bangkit dan Bertahan Hadapi Pandemi Covid-19

Liputan6.com, Jakarta - Politikus Gerindra sekaligus pengusaha Sandiaga Uno mengatakan, Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) bisa bangkit dan menghadapi pandemi Covid-19.

Dia menuturkan, salah satu kunci UMKM bisa bertahan saat Covid-19 adalah meningkatkan inovasi. Hal ini disampaikannya saat melakukan diskusi daring dengan tema Strategi Kembangkan Bisnis Untuk UKM Efisiensi Tanpa Resiko dengan Gudang Online.

"Fokus harus terus inovasi, tidak mungkin relevan kalau sukses tidak inovasi. Pro aktif. Sukses dan prestasi menghampiri orang-orang pro aktif mengejar bola dan menjemput rezeki," kata Sandiaga dalam keterangan tertulisnya, Jakarta, Sabtu (15/8/2020).

Dia juga menyebut, mereka yang berani ambil risiko saat pandemi Covid-19 ini, akan menemukan jalan kesuksesan.

"Tidak ambil risiko, lebih berisiko. Mulai dari hari ini, mengambil kesempatan peluang lakukan usaha dan yakini miliki niat tulus ikhlas," ungkap Sandiaga.

 

2 dari 3 halaman

Secara Online

Sandiaga menuturkan, salah satu yang bisa dilakukan UMKM saat ini adalah menggunakan media online untuk berniaga. Terlebih dalam siatuasi seperti ini.

"Online keniscayaan. Tidak bisa dipisahkan dalam pengembangan usaha," kata dia.

Misal, jika mengalami kesulitan, maka bisa dilakukan dengan kerja sama pihak lain. "Mitra sama orang yang sudah online," saran Sandiaga.

Sementara itu, dalam diskusi yang sama, CEO Crewdible, Dhana Galindra, menuturkan, pihaknya siap membantu pengusaha-pengusaha yang mengalami kesulitan.

"Ekonomi susah, banyak yang rontok di sektor retail. Kami bagian logistik rata-rata naik. Orang banyak kiriman barang melalui logistik keseluruhan naik. Kami banyak banget karena timbal balik. E-commerce menanjak. Realise menolong orang kena phk dari retail ini," tutur Dhana.

"Salah satu kita banyak toko tutup itu kami jadikan gudang. Lantai 2-4 di ruko itu kami jadikan Crewdible. Kami harap tidak ada PHK karyawan sementara alih fungsi," tutup Dhana.

3 dari 3 halaman

Saksikan video pilihan berikut ini: