Sukses

Jokowi Minta Pangkogabwilhan II Bantu Tangani RS Darurat Corona di Surabaya

Presiden Joko Widodo atau Jokowi memberikan atensi khusus terhadap penanganan kasus corona (Covid-19) di Jawa Timur.

Liputan6.com, Jakarta - Presiden Joko Widodo atau Jokowi memberikan atensi khusus terhadap penanganan kasus corona (Covid-19) di Jawa Timur. Jokowi langsung meminta Panglima Komando Gabungan Wilayah Pertahanan (Kogabwilhan) II Marsdya TNI Imran Baidarus membantu menangani RS Darurat Covid-19 di Surabaya.

"Saya sudah meminta kepada Pangkogabwilhan II untuk membantu secara penuh terutama dalam mensinergikan menangani langsung RS Darurat dan mensinergikan dengan rumah-rumah sakit rujukan," ujar Jokowi saat memberikan arahan kepada kepala daerah se-Jawa Timur di Gedung Grahadi Surabaya, Kamis (25/6/2020).

Dia menekankan perlunya manajemen koordinasi yang baik dalam menangani pasien corona. Terlebih, kasus positif corona di Surabaya juga terus bertambah sehingga dapat menangani pasien dengan benar.

Dengan manajemen yang baik, petugas medis dapat menentukan penanganan yang tepat untuk pasien corona. Jokowi meminta pasien corona ditempatkan sesuai dengan tingkat keparahannya sehingga tidak menumpuk di satu rumah sakit.

"Penempatannya di RS yang mana sehingga semuanya tidak masuk ke dalam satu titik dan tidak dipisah-pisahkan dan tidak menumpuk pasien itu di satu RS sementara yang lain masih banyak yang kosong," jelasnya.

Selain itu, dia memerintahkan tracing dan tes spesimen corona dilakukan secara masif. Hal ini agar penyebaran virus corona tidak semakin meluas.

"Saya ikuti terus berkaitan tes masif pelacakan yang agresif, mengisolasi mentreatment secara ketat. Saya kira sudah dilakukan, ini agar diteruskan dengan jumlah yang lebih banyak," tutur dia.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Kasus Kematian di Jatim Tertinggi

Berdasarkan catatan Gugus Tugas Covid-19 Pusat, angka penambahan kasus corona di Jatim semakin tinggi menyusul DKI Jakarta. Kasus positif virus corona di Jawa Timur kini sudah mencapai 10.298 hingga Rabu 24 Juni 2020. Adapun pasien positif di DKI Jakarta yakni 10.404 orang

Bahkan, kasus kematian pasien COVID-19 di Jatim tertinggi se-Tanah Air. Dari data per Rabu pukul 12.00 WIB, jumlah kematian yang disebabkan infeksi COVID-19 di Jatim mencapai 750 kasus, sedangkan DKI Jakarta 602 kasus.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Presiden Jokowi hibur anak-anak dengan atraksi sulap di peringatan Hari Anak Nasional, di Pekanbaru, Riau.
    Joko Widodo merupakan Presiden ke-7 Indonesia yang memenangi Pemilihan Presiden bersama wakilnya Jusuf Kalla pada 2014

    Jokowi

  • Virus Corona adalah virus yang menyerang sistem pernapasan.

    Corona

  • Penyebaran Covid-19 ke seluruh penjuru dunia diawali dengan dilaporkannya virus itu pada 31 Desember 2019 di Wuhan, China

    COVID-19