Sukses

COVID-19 di Singapura Melonjak karena Varian KP.1 dan KP.2, Otoritas Ingatkan Warga Lengkapi Vaksinasi

Rata-rata rawat inap harian akibat COVID-19 meningkat menjadi sekitar 250 dari 181 pada minggu sebelumnya, kata Kementerian Kesehatan (MOH) Singapura pada Sabtu (18 Mei).

Liputan6.com, Jakarta Kasus COVID-19 di Singapura meningkat hampir dua kali lipat dari minggu ke minggu. Hal itu mendorong Kementerian Kesehatan Singapura mengambil sejumlah langkah guna memastikan kapasitas yang memadai di rumah sakit umum.

Perkiraan jumlah infeksi COVID-19 pada minggu tanggal 5 hingga 11 Mei naik menjadi 25.900 – peningkatan sebesar 90 persen dibandingkan dengan 13.700 kasus pada minggu sebelumnya.

Rata-rata rawat inap harian akibat COVID-19 meningkat menjadi sekitar 250 dari 181 pada minggu sebelumnya, kata Kementerian Kesehatan (MOH) pada Sabtu (18 Mei). Ia menambahkan bahwa rata-rata kasus harian di perawatan intensif tetap rendah yaitu tiga kasus dibandingkan dua kasus pada minggu sebelumnya.

“Departemen Kesehatan terus memantau dengan cermat lintasan gelombang ini,” kata kementerian tersebut, dilansir Channel News Asia

“Untuk melindungi kapasitas tempat tidur rumah sakit dan sebagai tindakan pencegahan, rumah sakit umum telah diminta untuk mengurangi kasus operasi elektif yang tidak mendesak, dan memindahkan pasien yang sesuai ke fasilitas perawatan seperti Fasilitas Perawatan Transisi atau di rumah melalui Mobile Inpatient Care@Home.”

Ia juga mendesak masyarakat untuk tidak mencari pengobatan di Unit Gawat Darurat rumah sakit jika gejalanya ringan atau jika mereka tidak memiliki kerentanan medis.

Jenis virus COVID-19 varian KP.1 dan KP.2 saat ini mencakup lebih dari dua pertiga kasus di Singapura.

Kedua strain tersebut termasuk dalam kelompok varian COVID-19 yang oleh para ilmuwan dijuluki “FLiRT”, sesuai dengan nama teknis mutasinya. Mereka semua adalah keturunan varian JN.1, yang menyebar dengan cepat ke seluruh dunia beberapa bulan lalu.

Varian Dalam Pemantauan

Awal bulan ini, Organisasi Kesehatan Dunia mengklasifikasikan KP.2 sebagai Varian Dalam Pemantauan. Virus ini juga merupakan strain yang dominan di Amerika Serikat dan telah terdeteksi di negara-negara seperti Tiongkok, Thailand, India, Australia, dan Inggris.

“Saat ini tidak ada indikasi, baik secara global maupun lokal, bahwa KP.1 dan KP.2 lebih mudah menular atau menyebabkan penyakit yang lebih parah dibandingkan varian lain yang beredar,” kata Depkes pada Sabtu.

SMS PENGINGAT, JAM DIPERPANJANG DI PUSAT VAKSINASI

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Ingatkan Warga untuk Lengkapi Vaksinasi COVID-19

Mendesak masyarakat untuk terus mengikuti perkembangan vaksinasi COVID-19, Kementerian Kesehatan Singapura mengatakan akan mengirimkan SMS kepada orang-orang yang belum menerima suntikan COVID-19 dalam 12 bulan terakhir, untuk mengingatkan mereka agar membuat janji.

Hingga saat ini, sekitar 80 persen penduduk setempat telah menyelesaikan dosis awal atau tambahan tetapi belum menerima suntikan dalam setahun terakhir.

“Hal ini menunjukkan bahwa kekebalan masyarakat kemungkinan besar telah berkurang,” kata Depkes. Meskipun kita hidup dengan COVID-19 sebagai penyakit endemik, kita tidak boleh lengah.”

Vaksin COVID-19 yang diperbarui ini gratis untuk semua penduduk yang memenuhi syarat.

 

3 dari 3 halaman

Perpanjang Jam Layanan di Pusat Vaksinasi

Mulai tanggal 21 Mei hingga 29 Juni, lima Pusat Pengujian dan Vaksinasi Bersama akan memperpanjang jam operasionalnya pada hari Sabtu dan malam hari libur nasional – mulai pukul 09.00 hingga 19.00, bukan jam tutup biasanya pada pukul 13.00.

Mereka yang mendaftar dalam inisiatif Healthier SG juga bisa mendapatkan vaksinasi COVID-19 di sekitar 250 klinik Healthier SG yang berpartisipasi di seluruh pulau. Lebih banyak klinik akan ditambahkan ke dalam daftar secara bertahap.

Untuk lebih menjangkau warga, terutama warga lanjut usia, tim vaksinasi keliling akan dikerahkan ke lokasi-lokasi pusat tertentu dalam beberapa minggu mendatang.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini