Sukses

Gerhana Matahari Cincin Akan Hiasi Langit Sebagian Bengkulu Minggu 21 Juni

Ada delapan kabupaten dan kota di provinsi Bengkulu yang diperkirakan bisa melihat fenomena langka gerhana matahari cincin ini.

Liputan6.com, Jakarta - Langit sebagian wilayah Bengkulu bakal dihiasi gerhana matahari cincin pada Minggu, 21 Juni 2020.

Ada delapan kabupaten dan kota di provinsi Bengkulu yang diperkirakan bisa melihat fenomena langka gerhana matahari cincin ini, seperti dilansir Antara, Jumat (19/6/2020).

Menurut Kepala Stasiun Geofisika Kelas III Kepahiang, Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Bengkulu Litman, durasi fenomena gerhana matahari cincin yang teramati di Bengkulu ini hanya sekitar 0,55 jam.

"Fenomena gerhana matahari cincin ini mulai teramati sekitar pukul 14.29 WIB, sedangkan puncak gerhana matahari cincin terjadi pada pukul 14.59 WIB dan berakhir pada pukul 15.21 WIB," ujar Litman.

Dia menyebut, delapan kabupaten dan kota di Bengkulu yang bisa mengamati gerhana matahari cincin adalah Kota Bengkulu, Kabupaten Lebong, Kabupaten Rejang Lebong, dan Kabupaten Kepahiang.

Kemudian Kabupaten Mukomuko, Kabupaten Bengkulu Utara, Kabupaten Bengkulu Tengah, serta Kabupaten Seluma.

"Gerhana matahari cincin ini tidak teramati di dua kabupaten, yakni Kabupaten Bengkulu Selatan dan Kabupaten Kaur," ucap Litman.

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Hanya Gerhana Matahari Sebagian

Meski begitu, Litman menuturkan, gerhana yang teramati dari Bengkulu berupa gerhana matahari sebagian dan tidak penuh seperti di daerah lain.

"Gerhana matahari cincin itu dengan magnitudo antara 0,002 di Kecamatan Tais, Kabupaten Seluma, hingga 0,030 di Kabupaten Mukomuko," kata dia.

Litman mengatakan, masyarakat di delapan kabupaten dan kota di Bengkulu bisa mengamati fenomena gerhana matahari cincin itu dengan menggunakan kaca mata.

"Bisa diamati dengan mata telanjang tapi sebaiknya menggunakan kacamata pelindung, sebab GMC di Bengkulu tertutup sedikit," terang Litman.

Menurut dia, BMKG Kepahiang nantinya akan mengamati di Kantor Stasiun Geofisika Kelas III Kepahiang.

 

3 dari 3 halaman

Durasi Gerhana Matahari Cincin

Di Kota Bengkulu, lanjut Litman, durasi fenomena gerhana matahari cincin ini dapat diamati sekitar 23 menit. Sedangkan di Kabupaten Bengkulu Tengah dengan durasi gerhana 26 menit dan 12,6 detik.

"Selanjutnya di Kabupaten Rejang Lebong dengan durasi 38 menit dan 29,7 detik, Kabupaten Kepahiang dengan durasi 34 menit dan 3,3 detik," papar Litman.

Di Kabupaten Seluma dengan durasi 11 menit dan 47,7 detik, Kabupaten Mukomuko dengan durasi 51 menit dan 23,9 detik, serta Kabupaten Lebong dengan durasi gerhana 44 menit, 27,1 detik.

"Selanjutnya Kabupaten Bengkulu Utara dengan durasi gerhana 36 menit dan 27,1 detik," pungkas Litman.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.