Sukses

Ratusan Sipir di Tangerang Jalani Tes Urine

Pastikan petugasnya bebas dari narkoba, sebanyak 162 petugas Rutan Kelas I Tangerang dan Lembaga Pemasyarakatan Terbuka Ciangir, ikut tes urine di Rutan Kelas I Tangerang, Jambe, Kamis (18/6/2020).

Liputan6.com, Tangerang - Pastikan petugasnya bebas dari narkoba, sebanyak 162 petugas Rutan Kelas I Tangerang dan Lembaga Pemasyarakatan Terbuka Ciangir, ikut tes urine di Rutan Kelas I Tangerang, Jambe, Kamis (18/6/2020).

Pemeriksaan tes urine kali ini berbeda dari yang sebelumnya, karena harus menerapkan protokol kesehatan pencegahan penyebaran Virus Corona atau Covid-19.

"Ini tes urine pertama ditengah pandemi Corona. Dan dalam pelaksanaan ini, semuanya harus mengikuti standar protokol kesehatan, mulai dari pakai masker dan jaga jarak," kata Kepala Rutan Kelas I Tangerang, Mujiarto.

Tidak hanya itu, dalam pemeriksaan ini, pihak rutan dan Badan Narkotika Kabupaten Tangerang atau BNK menerapkan sistem kuota. Dimana pada proses pengisian data, pengambilan botol urine, hingga pengembalian botol, dilakukan maksimal empat petugas.

"Biasanya kan pakai antrean panjang, tapi karena ada pandemi ini, kita pakai sistem giliran. Seperti yang dilakukan ini, panggil empat petugas dulu, lalu nanti setelah yang empat ini selesai, panggil lagi empat petugas lain, begitu terus sampai semua petugas selesai jalani tes," ujarnya.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Memakan Waktu Lama

Menurutnya, meski memakan waktu yang lama, namun ini untuk menghindari terjadinya kerumunan petugas dan tentunya mampu menghindari penyebaran virus.

"Ini dilakukan supaya tidak berkerumun, da tentunya kita tetap menerapkan standar yang telah dianjurkan pemerintah dalam menghindari Covid19," ungkapnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.