Sukses

Anak Buah Ganjar Mulai Masuk Kerja New Normal

Ganjar Pranowo juga meminta pengaturan meja dan kursi lebih dilebarkan di era new normal.

Liputan6.com, Jakarta New normal menghadirkan sistem kerja baru bagi para pekerja formal atau Aparatur Sipil Negara (ASN) di Pemprov Jawa Tengah. Pada Jumat (5/6), seluruh ASN pun masuk seperti biasa, tentunya dengan mengedepankan dan menerapkan protokol kesehatan. 

Mulainya para ASN bekerja ke kantor ini berdasarkan penetapan Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan RB) karena waktu untuk bekerja dari rumah atau work from home berakhir pada 4 Juni 2020.

Tak hanya itu saja, Pejabat Sekretaris Daerah Herru Setiadhie juga telah memberikan surat edaran terkait ketentuan protokol kesehatan yang lebih dulu disosialisasikan ke ASN. Protokol kesehatan itu mulai dari mengenakan masker, kewajiban menjaga jarak saat bekerja, dan menerapkan perilaku sehat di kantor.

Selain itu, penempatan meja, kursi juga diatur dengan jarak minimal satu meter. Herru bahkan memastikan kebersihan area kerja mulai dari handel pintu, tangga, lift, dan alat kantor bersama lainnya dibersihkan secara berkala. 

Pegawai juga diminta menghindari kerja lembur untuk menjaga imunitas tubuh. Selain itu, setiap acara yang bersifat seremonial atau rapat dibatasi jumlah pesertanya.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Pengaturan Lain di Era New Normal

Selain ketentuan wajib seperti masker dan cuci tangan, Pemprov Jateng juga membuat aturan untuk para tamu dengan wajib mengisi form self assesment. Ini diterapkan sesuai keputusan menteri kesehatan.

Untuk petugas bagian front office pada unit pelayanan publik, pemprov memberikan peralatan tambahan pada petugas dan area pelayanan.

"Petugas wajib mengenakan sarung tangan, memasang sekat transparan atau tembus pandang, dan memasang petunjuk atau tanda antrian diserta petugas yang mengatur antrian itu," kata Herru.

Surat Edaran Sekda juga mencakup penegakan disiplin. "Apabila terdapat pegawai yang melakukan pelanggaran dapat dikenakan sanksi sesuai aturan disiplin pegawai," kata Herru Setiadhie.

Gubernur Jateng Ganjar Pranowo mengawasi sendiri pelaksanaan new normal di ASN Pemprov. Ganjar nampak melakukan inspeksi mendadak ke sejumlah ruangan, terutama di Gedung A Kantor Gubernuran.

Dalam sidak tersebut Ganjar mengingatkan para ASN untuk menjaga jarak dalam bekerja dan tidak lupa selalu mengenakan masker.

"Jendela itu lebih baik dibuka kalau pagi biar udaranya berganti, jangan pakai AC terus, buka jendelanya malah lebih sehat," katanya.

Ganjar juga meminta pengaturan meja dan kursi lebih dilebarkan. "Tidak hanya agar jaraknya lebih lebar tapi juga agar lebih rapi, saya minta besok diatur lagi lebih bagus," katanya

 

(*)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini