Sukses

Jokowi Minta Pelaku Usaha dan Perbankan Berbagi Beban untuk Pemulihan Ekonomi

Menurut Jokowi, pemerintah dan pelaku usaha harus bersama-sama mengeksekusi program pemulihan ekonomi agar berjalan dengan baik.

Liputan6.com, Jakarta Presiden Joko Widodo atau Jokowi meminta perbankan hingga pelaku usaha berbagi beban ekonomi di masa pandemi virus corona (Covid-19). Jokowi menyadari bahwa pandemi corona membawa dampak di sektor perekonomian.

"Sekali lagi saya minta konsep berbagi beban, sharing pain harus menjadi acuan bersama antara pemerintah, BI (Bank Indonesia), OJK (Otoritas Jasa Keuangan), perbankan, dan pelaku usaha harus betul-betul bersedia memikul beban, bergotong royong," jelas Jokowi saat memimpin rapat terbatas melalui video conference, Rabu (3/6/2020).

Jokowi mengatakan, pemerintah sudah menyusun berbagai skema pemulihan ekonomi nasional. Mulai dari subsidi bunga untuk UMKM, penempatan dana untuk bank-bank yang terdampak restrukturisasi, penjaminan kredit modal kerja, penyertaan modal negara terhadap BUMN, dan investasi pemerintah untuk modal kerja.

Menurut dia, pemerintah dan pelaku usaha harus bersama-sama mengeksekusi program pemulihan ekonomi agar berjalan dengan baik. Dia mengingatkan agar program tersebut dilakukan secara proporsial dan hati-hati.

"Agar pelaku usaha, korporasi tetap mampu berjalan. PHK masif dapat kita cegah dan sektor keuangan bisa tetap stabil dan roda ekonomi bisa kita jaga," ujarnya.

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Sektor Padat Karya

Jokowi ingin program pemulihan ekonomi nasional ini dapat memberikan manfaat nyata kepada pelaku usaha. Khususnya di sektor padat karya.

"Agar mereka mampu beroperasi, ini penting. Dan mencegah PHK yang masif dan mampu mempertahankan daya beli para karyawannya," kata Jokowi.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Presiden Jokowi hibur anak-anak dengan atraksi sulap di peringatan Hari Anak Nasional, di Pekanbaru, Riau.
    Joko Widodo merupakan Presiden ke-7 Indonesia yang memenangi Pemilihan Presiden bersama wakilnya Jusuf Kalla pada 2014

    Jokowi

  • Penyebaran Covid-19 ke seluruh penjuru dunia diawali dengan dilaporkannya virus itu pada 31 Desember 2019 di Wuhan, China

    COVID-19

  • pemulihan ekonomi