Sukses

Maaf Youtuber Indira Kalistha Terkait Corona

Jagat maya ramai oleh perbincangan terkait sikap kontroversial Youtuber Indira Kalistha terkait menghadapi virus corona covid-19.

Liputan6.com, Jakarta - Jagat maya ramai oleh perbincangan terkait sikap kontroversial Youtuber Indira Kalistha terkait menghadapi virus corona covid-19. Netizen menilai seleb muda itu meremehkan pandemi dan tidak berempati terhadap ribuan korban meninggal akibat virus tersebut.

Kementerian Komunikasi dan Informasi (Kemenkominfo) melalui akun Instagram @kemenkominfo langsung memberikan pesan dan imbauan tidak lama usai kasus tersebut muncul. Isinya sebagai berikut:

"Hai #SobatKom, masih ingatkan dengan imbauan untuk menggunakan masker saat harus keluar rumah? Tentunya #SobatKom juga masih menjaga kesehatan dengan sering-sering Cuci Tangan Pakai Sabun kan? hehe

Nah, terkait sama isu yang #viral kemarin, Minfo mau mengingatkan lagi nih, buat #SobatKom yang memiliki popularitas di media sosial seperti selebgram, selebtwit maupun Youtubers yuk terus bantu ingatkan masyarakat lain untuk #BersatuLawanCOVID19 caranya dengan memakai masker kain saat harus berpergian keluar rumah, cuci tangan sebelum dan sesudah makan, dan tetap menjaga jarak ya! Ingat masih PSBB lho! Eits, jangan malah sebaliknya ya!

Untuk mencegah penyebaran virus Corona, semuanya dimulai dari diri sendiri, baru kita ingatkan yang lain ya #SobatKom!"

Video bertajuk "Indira Kalistha Pertama Kali Diwawancara Serius #GritteBukaPraktek" yang diunggah YouTuber Gritte Agatha pada 13 Mei 2020 ini yang menjadi sorotan dan viral di sosial media.

Video ini menuai komentar negatif netizen lantaran Indira Kalistha dianggap terkesan menyepelekan wabah Corona Covid-19.

"Aku jarang pakai masker. Kalau sheet mask aku pakai tiap hari. Kalau masker yang udara-udara gitu aku enggak pakai, kecuali kayak ditegur gitu baru pakai. Tapi kalau enggak ditegur kita lepas lagi," kata Indira dalam video tersebut.

Indira Kalistha juga merasa pemberitaan kasus Corona cenderung berlebihan.

"Karena sebenarnya personally, aku itu nggak, nggak terlalu gimana ya, percaya kalau corona itu ada, penyakitnya itu ada. Cuman sebenarnya tuh nggak seheboh itu lho. Terkadang tuh masyarakat terlalu apa ya, terlalu gampang ngambil berita gitu lho. Padahal mereka nggak ngedengerin dari beberapa pihak, ngedengerinnya cuman dari satu pihak, jadinya nggak punya referensi. Nah aku tipe yang kayak ‘corona? B aja gitu’," kata dia.

 

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Dikecam Netizen

Tenaga kesehatan lantas mengecam ocehan Indira Kalistha. Salah satunya dokter Muhammad Yusuf lewat akun Instagramnya @dokteryusuf.spog yang merasa Indira tidak peka akan situasi.

"Follower instagram jutaan, Subscriber youtube juga ga kalah banyak nya...

Tapi sayang nya semua itu dipakai untuk "MAKAN SEHARI HARI " SAJA.

Woi @indirakalistha PEKA dong. Iya kamu punya imun bagus, orang selain kamu jika mencontohnya bagaimana?

Woi @indirakalistha PEKA dong. Jika kamu sayang orang tuamu.

Woi @indirakalistha PEKA dong. Jika kamu jadi pasien COVID 19, kamu ga kasian dengan beban pemerintah yang bayarin pengobatan kamu.

Woi @indirakalistha PEKA dong. Jika kamu mempromosikan INDONESIA BEBAS MASKER, HANDSANITZER, KUMPUL KUMPUL...dan corona melonjak, kamu sanggup liat mayat dimana mana ?

Woi @indirakalistha PEKA dong dengan otak mu neng.

Buat @ccicpolri , tangkap nih @indirakalistha yang melanggar PSBB dan menyebar hoax.

Demikian juga @gugustugas covid, perkarakan @indirakalisthaSaya dr Yusuf.Salam sehat....."

 

3 dari 3 halaman

Minta Maaf

Melalui konten video di kanal Deddy Corbuzier, Indira Kalistha didampingi oleh suaminya, Utap, melakukan klarifikasi. Indira Kalistha tidak menyadari bahwa ucapannya akan membawanya ke masalah ini.

"Aku mau minta maaf sama semuanya, aku nggak tahu omongan aku bakal jadi kayak gini, aku sama sekali bukan untuk ngeremehin tenaga medis, nggak," kata Indira Kalistha sambil berlinang air mata dalam video yang diunggah pada Sabtu (16/5/2020) malam.

Indira Kalistha mengakui dirinya salah dalam video tersebut. Untuk itu, ia meminta kepada masyarakat untuk tidak mendengarkan apa yang ia sampaikan saat itu.

"Emang bener kata kalian aku bodoh di video itu. Aku ngomong nggak dipikirin dulu, itu bener banget. Aku sama sekali enggak nolak omongan kalian. Aku tahu di situ aku salah, aku minta maaf dan kalian jangan dengerin omongan aku yang itu," ucapnya lagi.

Berbeda dengan apa yang disampaikan di YouTube Gritte Agatha, Indira Kalistha mengaku bahwa sebenarnya ia sering mengenakan masker ketika beraktivitas di luar rumah.

Indira Kalistha juga meminta masyarakat untuk selalu menjaga kesehatan dan kebersihan.

"Karena sebenernya aku pun pakai masker dan juga di tas aku tuh selalu bawa tisu basah yang ada alkoholnya gitu aku selalu bawa. Aku di situ ngawur banget. Aku mau minta maaf sama kalian semua. Kalian jaga kesehatan terus juga selalu pakai masker dan jaga kebersihan," lanjutnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.