Sukses

Bagi Tugas dengan Jokowi, Ma'ruf Fokus Menata Kehidupan Agama Selama Corona

Di tengah pandemi virus corona atau Covid-19, Presiden Joko Widodo dan Wakil Presiden Ma'ruf Amin membagi tugas.

Liputan6.com, Jakarta - Di tengah pandemi virus corona atau Covid-19, Presiden Joko Widodo dan Wakil Presiden Ma'ruf Amin membagi tugas.

Staf Khusus Wakil Presiden Ma'ruf Amin, Ikhsan Abdullah mengatakan, Presiden Jokowi fokus mengurusi regulasi hingga logistik. Sedangkan Ma'ruf Amin bertugas menata kehidupan beragama masyarakat.

"Pak Wapres lebih fokus pada bagaimana menata kehidupan beragama semasa Covid ini berlangsung," kata Iksan dalam sebuah diskusi pada Sabtu (2/5/2020).

Selain mengurusi kehidupan beragama, Ma'ruf Amin juga memonitoring dan mengevaluasi penerapan kebijakan pemerintah pusat di daerah-daerah. Mantan Anggota Dewan Pertimbangan Presiden itu disebut mengoordinasikan seluruh kepala daerah agar kebijakan yang diambil tidak saling bertentangan.

"Seperti yang sudah dilakukan dengan Gubernur DKI, Jateng, Jabar dan Jatim dan seterusnya. Evaluasi itu sekaligus melihat pelaporan perkembangan terakhir apa yang harus dilakukan atau apa yang harus dibantu, difasilitasi oleh pemerintah pusat dalam hal ini wapres," jelas Iksan.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Ada Daerah Belum Patuhi PSBB

Menurut Iksan, selama menjalankan tugas Ma'ruf Amin melihat beberapa daerah belum mematuhi ketentuan soal pembatasan sosial berskala besar (PSBB). Daerah juga belum memaksimalkan penggunaan APBD untuk menekan penyebaran virus Corona.

Ma'ruf Amin juga menilai kegiatan belajar jarak jauh selama masa pandemi Covid-19 membuat komunikasi antara pengajar dengan anak didiknya tidak berjalan baik.

"Misal, mahasiswa yang sedang skripsi, ini ada kemandekan karena tidak terjalin komunikasi yang baik antara mahasiswa dan dosen. Terlebih di tingkat pendidikan menengah dan mendasar ini menjadi bagian perhatian wapres," pungkasnya.

 

Reporter: Titin Supriatin

Sumber: Merdeka

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.