Sukses

Pesawat TNI AU Terbangkan APD dan Masker untuk Penanganan Covid-19 di Papua

Selain mengangkut 3,4 ton APD dan masker untuk Papua, pesawat TNI AU juga membawa 1,2 ton APD dan masker untuk Papua Barat.

Liputan6.com, Jakarta - TNI-AU mengerahkan pesawat-pesawatnya untuk mengangkut alat pelindung diri (APD) dan masker untuk digunakan menangani pandemi Covid-19 di Papua. Komandan Lanud Silas Papare Marsma TNI Tri Bowo menyatakan, berbagai kebutuhan untuk penanganan Covid-19 di Papua sudah tiba, Jumat (10/4/2020) sebanyak 3,4 ton yang merupakan bantuan dari Gugus Tugas Covid-19 Pusat.

Selain mengangkut 3,4 ton APD dan masker untuk Papua, pesawat Boeing 7306 dengan pilot Kapten (pnb) Erik juga membawa 1,2 ton APD dan masker untuk Provinsi Papua Barat. "Paket untuk Papua Barat seberat 1,2 ton yang berisi APD dan masker saat ini sudah tiba di Manokwari," jelas Marsma TNI Tri, Sabtu (11/4/2020).

Menurutnya, bantuan kemanusiaan tersebut berasal dari Junior Dokter Indonesia (JDI) dr Tirta cs yang dikoordinir Gugus Tugas Covid-19 yang ada di pusat.

"Panglima TNI memerintahkan TNI-AU untuk mengangkut bantuan tersebut," jelas Tri Bowo seperti dikutip Antara.

Dia menambahkan, pihaknya siap membantu pemprov dan kabupaten yang ada di Papua mengirim barang-barang bantuan untuk penanganan Covid-19.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Dapat Diangkut Bersamaan

Sebagai contoh barang-barang APD dan masker atau alat kesehatan yang dibeli dari berbagai kota di luar Papua bisa dikoordinir dan dijadikan satu sehingga dapat diangkut bersamaan dengan menggunakan pesawat milik TNI-AU

"Begitu pula bila ada barang yang hendak dikirim, TNI-AU siap membantu," kata Tri Bowo.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.