Sukses

Data per 9 April 2020: Total Sumbangan Masyarakat untuk Penanganan Covid-19 Rp193 Miliar

Yuri menjelaskan pemerintah juga menyiapkan berbagai langkah perlindungan sosial dan stimulus ekonomi untuk menghadapi Covid-19.

Liputan6.com, Jakarta Pemerintah telah menerima dana sebesar Rp 193 miliar untuk menangani virus Corona atau Covid-19 yang merajalela di Indonesia. Sumbangan itu dikumpulkan dari urunan masyarakat yang ada di dalam negeri dan WNI yang berada di luar negeri. 

Demikian yang dilaporkan Juru Bicara Pemerintah untuk Penanganan Covid-19, Achmad Yurianto di Gedung BNPB, Kamis (9/4/2020). 

"Kita semua bersyukur bahwa hari ini sudah terhimpun lebih dari Rp 193 miliar yang merupakan donasi dari semua kelompok masyarakat bahkan dari seluruh dunia," kata dia.

Pria yang akrab disapa Yuri itu menyatakan keseriusan pemerintah dalam mengatasi Covid-19. Pemerintah sejauh ini telah lebih 16000 spesimen dengan metode tes polymerase chain reaction (PCR). Juga menyiapkan 300 Rumah Sakit rujukan Covid-19

"Diawaki oleh lebih dari 350.00 dokter dan 42.000 tempat tidur. lebih dari 700.000 Alat Pelindung Diri (APD) sudah diadakan, dan sudah didistribusikan. sementara stok yang kita miliki untuk didistribusikan lebih dari 300.000 unit APD," ucap dia.

Sementara itu, Yuri menjelaskan pemerintah juga menyiapkan berbagai langkah perlindungan sosial dan stimulus ekonomi untuk menghadapi Covid-19.

"Nilainya lebih dari Rp 405 triliun. Termasuk untuk perlindungan sosial dan berbagai keringanan biaya rumah tangga, dan keringanan iuran air listrik," ucap dia.

Menurut Yuri, upaya ini akan menjadi sia-sia jikalau masyarakat tidak mematuhi berbagai ajurann yang disampaikan pemerintah dalam memutus rantai penyebaran Covid-19.

"Upaya-upaya pemerintah yang dilakukan tentunya akan sangat-sangat tergantung dari kepatuhan kita, kepatuhan masyarakat sebagai ujung tombak dari penghentian rantai Covid-19 ini," ucap dia.

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.