Sukses

17.616 Orang Daftar Jadi Relawan Tangani Corona Covid-19 hingga Selasa 7 April

Sebanyak 17.616 orang mendaftar sebagai relawan dalam penanganan Covid-19 akibat virus Corona.

Liputan6.com, Jakarta - Sebanyak 17.616 orang mendaftar sebagai relawan dalam penanganan Covid-19 akibat virus Corona. Ketua Relawan Covid-19 Andre Rahadian mengatakan jumlah itu berdasarkan data hingga pukul 17.00 WIB, Senin 6 April 2020.

Andre membeberkan, jumlah relawan Corona itu terdiri dari 3.300 relawan medis dan 14.290 relawan nonmedis yang tersebar di hampir seluruh Indonesia.

"Jumlah terbesar di DKI Jakarta dan Jawa Barat. Banyak kita juga nerima relawan di Sumatera, Kalimantan dan Sulawesi," kata dia saat konferens pers di Gedung BNPB, Jakarta, Selasa (7/4/2020).

Menurut dia, dalam hal perekrutan relawan, jajarannya bekerja sama dengan Badan Pengembangan dan Pemberdayaan Sumber Daya Manusia, Kementerian Kesehatan, serta Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

"Seluruh relawan disampaikan ke kami untuk didata, ditempatkan sesuai keahlian dan kebutuhan yang ada," ujar Andre.

Dia mengatakan, pemerintah memprioritaskan penerimaan relawan medis untuk ditempatkan di Rumah Sakit Darurat Corona Wisma Atlet, Rumah Sakit Pulau Galang, Rumah Sakit Bintaro dan Rumah Sakit Lapangan di Jakarta.

"Memang kebutuhan sangat besar," ucap Andre.

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Serahkan Bantuan

Andre menjabarkan dalam seminggu ini tim relawan juga telah menyalurkan bantuan ke rumah sakit rujukan, dam pukesmas di DKI Jakarta berupa, makanan, minuman dan vitamin.

"Kami berikan untuk tenaga kesehatan," ucap Andre.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.