Sukses

Anies Baswedan Ikut Telekonferensi C40 Cities, Bertukar Pengalaman Tangani Corona

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan bersama lebih dari 45 wali kota dan pimpinan kota anggota C40 Cities melakukan telekonferensi, pada Jumat (27/3/2020) malam.

Liputan6.com, Jakarta - Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan bersama lebih dari 45 wali kota dan pimpinan kota anggota C40 Cities melakukan telekonferensi, pada Jumat (27/3/2020) malam. Dalam telekonferensi itu, para wali kota saling mendukung penanganan Corona atau Covid-19.

Anies mendorong pertukaran informasi dan pembelajaran secara lebih cepat, terutama terkait upaya meningkatkan kapasitas testing terhadap kasus ini. Gubernur Anies juga berbagi secara singkat tentang kondisi di Jakarta dan sejumlah hal yang telah dilakukan oleh pemerintah di Ibu Kota.

"Kami di Jakarta sangat ingin belajar lebih dengan kota-kota besar di dunia yang sudah lebih dulu menangani Covid-19 ini," kata Anies yang dikutip melalui akun Instagram pribadinya, Sabtu (28/3/2020).

Anies menuturkan, berbagai cara dilakukan negara-negara lain mengatasi penyebaran virus Corona, dimulai penerapan lockdown, melakukan rapid test, dan lainnya.

Langkah yang menarik perhatian Anies adalah upaya Korea Selatan dengan pemeriksaan menggunakan metode PCR.

"Melalui telekonferensi ini, kami belajar bagaimana meningkatkan kapasitas untuk melakukan testing menggunakan metode PCR. Salah satunya, belajar dari Seoul yang sudah menerapkan testing seperti ini," jelasnya.

Anggota C40 Cities, kata dia, sepakat untuk saling memberi dukungan dalam menyelamatkan nyawa penduduk kota dari virus Corona. Selain bersepakat untuk memberi imbauan kepada penduduk kota agar tidak melakukan perjalanan atau bepergian, anggota C40 Cities juga sepakat akan memberi bantuan berupa alat maupun sumber daya jika dibutuhkan di suatu wilayah anggota C40 Cities.

 

**Ayo berdonasi untuk perlengkapan medis tenaga kesehatan melawan Virus Corona COVID-19 dengan klik tautan ini.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Bertukar Pengetahuan

Wakil Ketua C40 Cities yang juga merupakan Sekretaris Jenderal Dewan Eksekutif Dubai, Abdullah Mohammed Al Basti, menyampaikan pandemi global ini telah sangat menekankan pentingnya kolaborasi internasional dan solidaritas.

"Kami melihat negara-negara bertukar pengetahuan, bakat, dan pasokan medis dengan negara lain yang membutuhkan, dengan Tiongkok memimpin upaya dalam berbagi pelajaran dan dukungannya. Ini adalah bukti nyata bagaimana aksi global dapat dimobilisasi dalam waktu singkat ketika semua orang fokus pada tujuan yang jelas. Insya Allah, ini akan membantu kita keluar dari krisis ini dengan lebih kuat, lebih bijaksana, dan lebih tangguh," ungkapnya.

Seperti diketahui, C40 Cities mengkoneksikan 96 kota terbaik dunia untuk mengambil aksi terkait perubahan iklim. Aksi bersama ini diharapkan mampu menjadikan iklim dunia lebih sehat dan berkelanjutan di masa depan.

Sementara pimpinan kota yang melakukan telekonferensi bersama Anies adalah Wali Kota Los Angeles, Milan, Seoul, Freetown, London, Paris, Accra, Athena, Austin, Barcelona, Bogotá, Boston, Buenos Aires, Curitiba, Dakar, Dar es Salaam, Delhi NCT, Dubai, Guadalajara, Guangzhou, Heidelberg, Hong Kong, Istanbul, Johannesburg, Kolkata, Lima, Lisbon, Madrid, Montréal, Melbourne, Nanjing, New Orleans, Oslo, Phoenix, Portland, Quezon City, Roma, San Francisco, Santiago, Seattle, Singapore, Tokyo, Vancouver dan Warsawa.

Reporter: Yunita Amalia

Sumber: Merdeka

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.