Sukses

Selain Wisma Atlet, Hotel Juga Disiapkan Jadi Ruang Isolasi Pasien Corona

Liputan6.com, Jakarta Pemerintah terus menambah kapasitas sarana dan prasarana antisipasi melonjaknya jumlah pasien positif virus corona (Covid-19). Selain Wisma Atlet, pemerintah juga menyiapkan sebuah hotel untuk ruang isolasi bagi pasien corona.

"Tidak berapa lama lagi, dari sektor swasta akan memberikan sumbangsihnya berupa penggunaan hotel yang seluruhnya nanti akan digunakan sebagai ruang isolasi, rumah sakit untuk penanganan Covid-19," kata Juru Bicara Pemerintah untuk Penanganan Virus Corona Achmad Yurianto dalam konferensi pers di Youtube BNPB, Sabtu (21/3/2020).

Menurut dia, pemerintah telah melakukan penambahan tempat tidur bagi penderita Covid-19 yang membutuhkan karantina dan pelayanan medis rumah sakit. Yurianto menegaskan bahwa pemerintah akan terus bekerja keras menangani wabah virus corona.

"Kita tahu bersama beberapa rumah sakit sudah didedikasikan khusus untuk melakukan perawatan Covid-19," ucapnya.

"Baik itu rumah sakit pemerintah, rumah sakit BUMN maupun rumah sakit swasta yang sudah sudah berkomitmen untuk bersama-sama menangani permasalah ini," sambung Yurianto.

2 dari 3 halaman

Wisma Atlet Siap Dipakai

Sebelumnya, Presiden Joko Widodo atau Jokowi mengatakan Wisma Atlet Kemayoran siap dipakai sebagai Rumah Sakit Darurat Corona atau Covid-19. Wisma Atlet bahkan sudah bisa digunakan mulai Sabtu, 21 Maret 2020 malam.

"Pemerintah juga sedang mempersiapkan infrastruktur pendukung yaitu rumah isolasi dan rumah sakit, Wisma Atlet Kemayoran siap dijadikan rumah sakit darurat Covid-19 dan sebagai rumah isolasi pada nanti Sabtu malam, 21 Maret 2020," ujar Jokowi di Istana Bogor Jawa Barat, Jumat (20/3/2020).

Dia memastikan pemerintah terus menambah kapasitas dan SDM rumah sakit rujukan. Menurut Jokowi, RS TNI-Polri dan BUMN di daerah-daerah terinfeksi telah disiapkan sebagai RS Corona.

3 dari 3 halaman

Saksikan video pilihan di bawah ini: