Sukses

Cara TNI AL Kenalkan Poros Maritim Indonesia pada 54 Peserta MNEK 2020

Liputan6.com, Jakarta Multilateral Neval Exercise Komodo atau MNEK adalah hajata dua tahunan TNI Angkatan Laut untuk mengundang berbagai negara dari seluruh dunia. MNEK tahun ini rencananya akan digelar di Provinsi DKI Jakarta dan Bangka Belitung pada Agustus mendatang.

Menurut (Asops) Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana Muda TNI Didik Setiyono, melalui acara ini TNI AL berusaha memperkenalkan konsep poros maritim yang diemban Indonesia.

"Pemerintah juga sudah men-declaration bahwa kita adalah negara maritim. Program-program pemerintah yang menjadi unggulan adalah poros maritim dunia. Ini yang sedang kita ingin sosialisasikan," ungkap Didik di Hotel Discovery Ancol, Jakarta, Rabu (19/2/2020).

Peserta MNEK nantinya akan diberi gambaran seperti apa maritim Indonesia. Menurut Didik acara tersebut bukanlah murni acara militer belaka. Pihaknya juga akan memperkenalkan pesona wisata di Indonesia. 

"Mengenalkan culture-nya, budayanya, mengenalkan kekayaan daerahnya dan sebagainya," jelas dia.

2 dari 2 halaman

MNEK 2020 Akan Dihadiri 54 Negara

Selain menggelar latihan bersama, dalam acara MNEK 2020 akan digelar beragam kegiatan. Seperti Medical Civic Action Project (MEDCAP) dan Engineering Civic Action Project (ENCAP) yang pelaksanaannya di Jakarta dan di Belitung International Fleet Review (FR).

Selanjutnya ada Culture Performance, City Parade City Tour, Bilateral Meeting, Culinary Festival, Maritime Exhibition, Fun Run Fun Bike, serta olahraga bersama dengan seluruh angkatan laut negara peserta yang hadir.

MNEK pertama dilaksanakan pada tanggal 29 Maret hingga 3 April 2014 di Kepulauan Riau, Anambas dan Laut Natuna. Saat itu ada 18 negara peserta. Sementara, MNEK Kedua dilaksanakan pada tanggal 11-16 April 2016 di Padang dan Kepulauan Mentawai yang diikuti 35 negara peserta.

Kemudian, MNEK Ketiga dilaksanakan pada tanggal 4 - 9 Mei 2018 di Pulau Lombok dan Pulau Nusa Penida yang diikuti 36 negara peserta. Dan MNEK Keempat akan dilaksanakan di Jakarta dan Bangka Belitung pada Agustus 2020 dengan tema kegiatan "Cooperation To Strengthen International Maritime Security".

Berikut ini 54 negara peserta yang diundang pada MNEK 2020, yaitu Australia Bangladesh Belarus, Brazil Brunei Darussalam, Cambodia, Canada, China, Chile, Czech Republic, Colombia, France, Fij, Germany, India, Iran, Iraq, Italy Japan, Kazakhstan, Laos Malaysia, Mexico Myanmar, Netherland, New Zealand, New Caledonia, Nigeria, North Korea, Oman, Palau, Papua New Guinea, Peru, Pakistan, Philippines Belanda, Portugal, Russia, Saudi Arabia, Singapore, South Africa, South Korea, Spain, Srilanka, Sweden, Thailand, Timor Leste, Tonga, Turkey, USA United Kingdom, UAE, Ukraine, dan Vietnam.

Konser Satu Cara #MusicAgaintsCorona | Kamis, 9 April 2020 dan Jumat, 10 April 2020
Loading