Sukses

BMKG: Hujan di Jakarta Hari Ini Tak Masuk Kategori Ekstrem

Liputan6.com, Jakarta - Hujan lebat mengguyur wilayah DKI Jakarta sejak pagi hingga siang ini. Namun, Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) menyebut, hujan ini tak masuk dalam kategori ekstrem.

"(Hujan hari ini) pada skala lebat saja," kata Kasubid Analisis Informasi Iklim BMKG Adi Ripaldi kepada Liputan6.com, Jumat (24/1/2020).

"Menurut prakiraan BMKG belum kategori ekstrem," lanjut dia.

Sebelumnya, Deputi Bidang Meteorologi BMKG Mulyono R Prabowo mengatakan, hujan lebat selama sepekan dipengaruhi sirkulasi siklonik di sekitar Samudera Hindia selatan Lampung. Hal ini menyebabkan terbentuknya pola konvergensi serta belokan angin di wilayah Indonesia bagian barat.

Selain itu, lanjut dia, kondisi atmosfer Indonesia yang labil menyebabkan massa udara lembab dari lapisan bawah cukup mudah untuk terangkat ke atmosfer.

"Kedua faktor tersebut menyebabkan peningkatan potensi pertumbuhan awan hujan di wilayah Indonesia bagian barat," kata Mulyono dalam keterangannya, Jumat (24/1/2020).

 

 

2 dari 3 halaman

Imbauan

Dia menuturkan, dengan kondisi tersebut, BMKG memprakirakan hujan lebat dan disertai petir terjadi sepekan ini.

"Berdasarkan kondisi tersebut, BMKG memprakirakan dalam periode sepekan kedepan, curah hujan dengan intensitas lebat, yang dapat disertai kilat/petir," ungkap Mulyono.

Dia pun mengimbau agar masyarakat, tetap berhati-hati akan dampak hujan lebat ini.

"Masyarakat diimbau agar tetap waspada dan berhati-hati terhadap dampak yang dapat ditimbulkan seperti banjir, tanah longsor, banjir bandang, genangan, angin kencang, pohon tumbang, dan jalan licin," tukasnya.

3 dari 3 halaman

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

Loading
Artikel Selanjutnya
BPPT: Teknologi Modifikasi Cuaca Tak Mampu Jangkau Awan Hujan Malam Hari
Artikel Selanjutnya
Cuaca Hari Ini: Jabodetabek Kembali Diguyur Hujan Pagi hingga Siang