Sukses

Cara Kakorlantas Polri Cegah Longsor dan Banjir di Jalan Tol

Selain bisa mencegah bencana, penanam pohon ini diharapkan juga mampu menjaga kualitas udara.

Liputan6.com, Jakarta - Bencana alam yang terjadi di berbagai daerah ternyata menjadi perhatian Kepala Korps Lalu Lintas Polri, Irjen Istiono. Guna mencegah bencana longsor dan banjir, Istiono dan jajarannya pun menggelar aksi tanam 3000 pohon di Ciawi, Bogor, Jawa Barat pada Jumat (17/1/2020).

"Hari ini serentak di induk-induk tujuh induk korlantas ini menanam pohon ini," kata Istiono dalam keterangan tertulisnya di Jakarta, Jumat (17/1/2020).

Istiono mengatakan, penanaman pohon penting dilakukan guna mencegah terjadinya bencana longsor dan banjir, khususnya di ruas tol. Ia mengaku, tak ingin longsor dan banjir merusak kontur jalan. 

"Ini ada pengurusan pengurusan jalan, dengan ditanami pohon ini akan kita kuatkan lagi pencegaham bencana longsor, banjir," ucap Istiono.

Selain difokuskan di area jalan tol, penanaman pohon ini juga dilakukan di jalan arteri tingkat kabupaten dan provinsi. Menurut Istiono, selain bisa menguatkan struktur tanah, penanam pohon ini juga bisa menjaga kualitas udara.

"Dan ini untuk warisan generasi di masa depan. Target 3 ribu pohon hari ini. Jenis pohon keras, ada mahoni, bolin, ebony, yang kuat-kuat bisa menyerap air dan udara bisa menyaring dan menyegarkan udara," tutup Istiono.

Saksikan video pilihan berikut ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.