Sukses

Antisipasi Air Laut Pasang, Anies Baswedan Cek Pompa Rob di Teluk Jakarta

Liputan6.com, Jakarta Perkiraan akan munculnya bulan purnama pada Sabtu malam menjadi rujukan akan kemungkinan terjadinya air laut pasang di Teluk Jakarta. Mengantisipasi banjir akibat pasang itu, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengecek pompa-pompa air di sepanjang pesisir Jakarta.

Seperti ditayangkan Fokus Indosiar, Minggu (12/1/2020), salah satu rumah pompa yang didatangi Anies Baswedan saat mengecek kesiapan antisipasi banjir rob di Teluk Jakarta adalah rumah pompa kali adem, di Muara Angke, Penjaringan, Jakarta Utara.

Di sana ada tiga unit mesin pompa stasioner berkapasitas 2 ribu liter perdetik dan dua unit pompa mobile berkapasitas 800 liter perdetik.

Lembaga Antariksa dan Penerbangan Nasional (Lapan) sebelumnya menyebut bulan purnama yang diprediksi muncul 11 Januari akan mempengaruhi terjadinya pasang maksimum atau pasang tertinggi air laut.  

Oleh karena itu dengan penyiagaan pompa, Gubernur Anies berharap dampak air laut pasang bisa diantisipasi. Meski sudah terbiasa menghadapi banjir rob diharapkan warga tetap waspada saat air laut naik ke daratan.