Sukses

Jalur KA Sukabumi-Bogor Tertimbun Longsor, Penumpang Turun di Cigombong

Perbaikan jalur lintasan yang longsor di KM 17+400 jalur KA antara Stasiun Maseng-Cigombong dapat diselesaikan sekitar pukul 09.00 WIB ini.

Liputan6.com, Bogor - Kereta Api (KA) Pangrango tujuan Bogor-Sukabumi tak beroperasi sepenuhnya akibat jalur lintasan tertimbun longsor. Kereta lokomotif dari Sukabumi-Bogor hanya beroperasi hingga Stasiun Cigombong.

Para penumpang yang hendak ke Bogor mupun Jakarta terpaksa harus turun di Stasiun Cigombong dan melanjutkan perjalanannya menggunakan moda transportasi umum lainnya.

Berdasarkan pantauan Liputan6.com Senin (23/12/2019) pagi, ratusan penumpang KA memadati Stasiun Cigombong. Mereka tetap menggunakan moda transportasi massal ini untuk menghindari kemacetan di Cisaat, Cibadak, Cicurug, Cimelati dan beberapa ruas jalan lainnya di Sukabumi.

"Kalau naik angkot atau bis kita nyampe Bogor bisa siang. Makanya kami naik kereta dulu sampai Cigombong. Lumayan lah hindari jalur macet," kata Trisnawati.

Sebagian besar para penumpang kereta sudah mengetahui informasi bahwa kereta tujuan Sukabumi-Bogor hanya beroperasi hingga Stasiun Cigombong akibat jalur lintasan longsor di KM 17+400 di petak Maseng-Cigombong pada Minggu sore kemarin.

"Sudah tahu, di Stasiun Sukabumi sudah dikasih tahu sama petugasnya," ujar karyawati di salah satu supermarket di Kota Bogor ini.

Kepala Humas PT KAI Daop 1 Jakarta, Eva Chairunisa memperkirakan perbaikan jalur lintasan yang longsor di KM 17+400 jalur KA antara Stasiun Maseng-Cigombong dapat diselesaikan sekitar pukul 09.00 WIB ini.

Berdasarkan estimasi waktu tersebut, untuk perjalanan KA relasi Sukabumi-Bogor selanjutnya KA 225 dengan jadwal keberangkatan pukul 10.25 WIB diupayakan dapat beroperasi normal.

"Terus mengupayakan percepatan perbaikan jalur rel yang terdampak longsor menggunakan alat berat," kata dia.

Untuk pagi ini perjalanan Kereta Pangrango pertama yakni KA 221 keberangkatan dari Stasiun Sukabumi pukul 05.15 WIB menuju Stasiun Bogor hanya dapat dilakukan sampai dengan Stasiun Cigombong, selanjutnya KA tersebut akan beroperasi kembali dengan relasi Cigombong-Sukabumi.

Sebelumnya, jalur rel kereta api (KA) Bogor-Sukabumi tertimbun longsor setinggi 1,5 - 2 meter dengan panjang sekitar 100 meter pada Minggu (22/12/2019) sekitar pukul 17.00 WIB.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Cigombong-Bogor Dibatalkan

Akibat longsor di KM 17+400 di petak Maseng-Cigombong, KA yang masih beroperasi dibatalkan demi keselamatan. KA Pangrango (229) relasi Sukabumi-Bogor yang masih beroperasi pada saat kejadian dibatasi hanya sampai Cigombong, dan lintas Cigombong-Bogor dibatalkan.

Selanjutnya, KA Pangrango (230) lintas Bogor-Cigombong dibatalkan, dan perjalanan hanya sampai Cigombong-Sukabumi.

"Atas pembatalan beberapa perjalanan tersebut, penumpang KA Pangrango (229) tujuan Bogor, bea dikembalikan 100%," kata dia.

Begitu juga sebaliknya, bagi penumpang KA Pangrango (230) dari Bogor tujuan Sukabumi, sehubungan relasi KA hanya Cigombong-Sukabumi maka bea dikembalikan 100%.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.