Sukses

Bertopi Koboi Prabowo Tinjau Alutsista: 5 Tahun ke Depan Lebih Maju

Liputan6.com, Jakarta - Menteri Pertahanan (Menhan) Prabowo Subianto beserta jajaran Kementerian Pertahanan (Kemenhan) melihat pameran Industri Alat Peralatan Pertahanan dan Keamanan di halaman Kementerian Pertahanan (Kemenhan), Jalan Medan Merdeka Barat, Jakarta Pusat, Selasa (3/12). Prabowo tampak mengenakan pakaian safari warna krem dengan topi koboi.

Pantauan merdeka.com, acara ini turut dihadiri Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto, Kepala Staf TNI Angkatan Darat (KASAD) Jenderal TNI Andika Perkasa, Kepala Staf TNI Angkatan Laut (KASAL) Laksamana TNI AL Siwi Sukma Adji, dan Wakil Kepala Staf TNI Angkatan Udara (Wakasau) Marsekal Madya TNI AU Fahru Zaini. Mereka pun bersama-sama melihat pameran tersebut.

Alutsista yang dipamerkan di antaranya, kendaraan taktis, produk Unmanned Aerial Vehicle (UAV) atau kendaraan tanpa awak, produk senjata atau bom, produk kendaraan tempur (Ranpur), produk optik, produk kapal intai, produk galangan kapal, produk komunikasi, produk energi.

Adapun yang non-alutsista merupakan produk perorangan berupa helm, seragam, hingga rompi. Berdasarkan informasi, sebanyak 25 industri pertahanan swasta dalam negeri ikut serta dalam pameran ini.

"Saya minta mereka datang untuk memamerkan kemampuan mereka, sangat membanggakan, saya melihat kemampuan mereka sangat membanggakan," kata Prabowo di lokasi, Selasa (3/12).

Prabowo mengatakan, pameran alutsista ini merupakan amanah dari Presiden Joko Widodo (Jokowi) untuk meningkatkan industri dalam negeri.

"Dalam pengadaan alutsista untuk kepentingan pertahanan kita, dari selama ini saya dengan wamen kita sedang keliling dan untuk mempercepat proses kita undang industri pertahanan swasta, alhamdulillah kemampuan kita sudah sangat baik sangat maju tentu ada bagian-bagian yang masih kita harus mengadakan litbang lagi," ujar dia.

 

2 dari 3 halaman

Buat Alutsista Sendiri

Prabowo optimis selama lima tahun ke depan Indonesia bisa membuat alutsista sendiri dan lebih maju dari negara lain.

"InsyaAllah saya optimis lima tahun lagi kita akan lebih mandiri, lebih berdiri di atas kaki kita sendiri. Sekarang saya bangga kita sudah punya kemampuan seperti sekarang, saya kira itu sementara," dia memungkasi.

 

Reporter: Ronald/Merdeka.com

3 dari 3 halaman

Saksikan video pilihan di bawah ini:

Loading
Artikel Selanjutnya
Sepak Terjang Menko Luhut, Melobi Prabowo hingga Munas Golkar
Artikel Selanjutnya
Pelantikan Ketua Baru Partai Gerindra Sumsel Jadi Contoh Politik Santun