Sukses

Menanti Kabareskrim Baru Pengganti Idham Azis

Kapolri mengatakan segera menunjuk pati Polri yang menjadi Kabareskrim. Kapan pengganti Idham Azis akan diumumkan?

Liputan6.com, Jakarta - Sebulan lamanya, kursi Kabareskrim Polri kosong. Sejak Jenderal Pol Idham Azis dilantik menjadi Kapolri, 1 November 2019.

Kapan pengganti Idham Azis akan diumumkan?

Kapolri mengatakan segera menunjuk pati Polri yang menjadi kabareskrim. Pada 8 November 2019, Idham Azis menandatangani rotasi pertama di tubuh Polri di masa kepemimpinannya. Namun, kursi Kabareskrim masih kosong.

Karopenmas Divisi Humas Polri Brigjen Pol Argo Yuwono mengatakan, polisi sedang menunggu keputusan dari Dewan Kepangkatan dan Jabatan Tinggi (Wanjakti).

"Masih bekerja jadi kan tidak sendirian saja untuk mutasi. Nanti ada beberapa yang pensiun pun akan ikut," ucap Argo di RS Polri, Jakarta, Senin (2/12/2019).

Menurut dia, kendala utama adalah ada beberapa personelnya yang pensiun. "Yang pensiun kita rapatkan di Wanjakti dulu," ungkap dia soal pemilihan kabareskrim.

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Kata Mahfud

Hampir 3 minggu Jenderal Polisi Idham Azis dilantik menjadi Kapolri yang berada di bawah koordinasi Menko Polhukam Mahfud Md, pada 1 November 2019. Beberapa hari kemudian menyampaikan segera menunjuk posisi Kepala Badan Reserse Kriminal yang ditinggalkannya.

Namun, sampai 19 November 2019, posisi itu belum juga terisi. Padahal, Idham Azis telah melakukan mutasi pertama pada kepemimpinannya.

Terkait hal ini, Menko Polhukam Mahfud Md enggan berkomentar banyak. 

"Ya terserah Kapolri lah," kata Mahfud usai menghadiri acara Syukuran pelantikan para menteri dari Korps Alumni Himpunan Mahasiswa Islam, di kediaman senior tokoh KAHMI Akbar Tandjung, Jakarta, Kamis 21 November 2019 malam.

Dia percaya, Idham mengetahui persis siapa orang yang bakal dipilih menjadi Kabareskrim. Begitu juga dengan waktu pengumumannya.

"Kan Pak Kapolri sudah tahu siapa orangnya dan kapan waktunya," ungkap Mahfud.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.