Sukses

Menanti Kabareskrim Baru Pengganti Idham Azis

Liputan6.com, Jakarta - Sebulan lamanya, kursi Kabareskrim Polri kosong. Sejak Jenderal Pol Idham Azis dilantik menjadi Kapolri, 1 November 2019.

Kapan pengganti Idham Azis akan diumumkan?

Kapolri mengatakan segera menunjuk pati Polri yang menjadi kabareskrim. Pada 8 November 2019, Idham Azis menandatangani rotasi pertama di tubuh Polri di masa kepemimpinannya. Namun, kursi Kabareskrim masih kosong.

Karopenmas Divisi Humas Polri Brigjen Pol Argo Yuwono mengatakan, polisi sedang menunggu keputusan dari Dewan Kepangkatan dan Jabatan Tinggi (Wanjakti).

"Masih bekerja jadi kan tidak sendirian saja untuk mutasi. Nanti ada beberapa yang pensiun pun akan ikut," ucap Argo di RS Polri, Jakarta, Senin (2/12/2019).

Menurut dia, kendala utama adalah ada beberapa personelnya yang pensiun. "Yang pensiun kita rapatkan di Wanjakti dulu," ungkap dia soal pemilihan kabareskrim.

 

2 dari 3 halaman

Kata Mahfud

Hampir 3 minggu Jenderal Polisi Idham Azis dilantik menjadi Kapolri yang berada di bawah koordinasi Menko Polhukam Mahfud Md, pada 1 November 2019. Beberapa hari kemudian menyampaikan segera menunjuk posisi Kepala Badan Reserse Kriminal yang ditinggalkannya.

Namun, sampai 19 November 2019, posisi itu belum juga terisi. Padahal, Idham Azis telah melakukan mutasi pertama pada kepemimpinannya.

Terkait hal ini, Menko Polhukam Mahfud Md enggan berkomentar banyak. 

"Ya terserah Kapolri lah," kata Mahfud usai menghadiri acara Syukuran pelantikan para menteri dari Korps Alumni Himpunan Mahasiswa Islam, di kediaman senior tokoh KAHMI Akbar Tandjung, Jakarta, Kamis 21 November 2019 malam.

Dia percaya, Idham mengetahui persis siapa orang yang bakal dipilih menjadi Kabareskrim. Begitu juga dengan waktu pengumumannya.

"Kan Pak Kapolri sudah tahu siapa orangnya dan kapan waktunya," ungkap Mahfud.

3 dari 3 halaman

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

Loading
Artikel Selanjutnya
Menanti Jurus Kabareskrim Baru Tuntaskan Kasus Novel
Artikel Selanjutnya
Irjen Listyo Sigit Usai Ditunjuk Jadi Kabareskrim: Banyak Tugas Baru