Sukses

Loyalis Sebut Hampir Semua DPD Golkar Dukung Airlangga Kembali Jadi Ketum

Liputan6.com, Jakarta - Sebagian besar DPD I Partai Golkar se-Indonesia mendukung Airlangga Hartarto kembali menjadi Ketum Partai Golkar dalam Munas beringin yang akan digelar pada Desember mendatang. Aspirasi itu disampaikan para Ketua DPD Golkar dalam pandangan umum Rapimnas Golkar di Hotel Ritz Carlton.

Wakil Korbid Penggalangan Khusus DPP Partai Golkar Ace Hasan Syadzily menyebut, yang secara eksplisit menyatakan dukungannya kepada Airlangga adalah DPD Kalsel, Jawa Barat, Sulut, NTT, Sumut, Riau, Kaltim, Lampung, Kalbar, Gorontalo dan DKI Jakarta.

Kemudian, ada Bengkulu, Jawa Timur, Sumsel, Yogyakarta, Sulbar, Banten, Sulteng, Kalteng, Jateng, NTB, Kaltara, Sulsel, Papua, Maluku, Malut, Babel dan Jambi.

"Dukungan serupa juga disampaikan oleh organisasi sayap, KPPG dan AMPG, serta organisasi pendiri Partai Golkar seperti Kosgoro 1957, MKGR, HWK, AMPI dan Pengajian AlHidayah," kata Ace lewat keterangan tertulis, Jumat (15/11/2019).

Dengan itu, kata Ace, dukungan terhadap Airlangga semakin kuat untuk kembali memimpin Golkar. Menurut dia, mayoritas DPD menilai Airlangga telah berhasil membawa Golkar menjadi pemenang kedua Pemilu 2019 dan pasangan Jokowi-Ma’ruf dalam Pilpres 2019.

"Secara keseluruhan, peserta Rapimnas menginginkan agar Munas yang akan digelar 3-5 Desember 2019 di Jakarta ini lebih mengedepankan semangat musyawarah untuk mufakat. Semangat musyawarah mufakat ini ditunjukkan untuk menciptakan soliditas di tubuh Partai Golkar," tuturnya.

Menurut Ace, dukungan yang sangat kuat terhadap Airlangga menepis adanya klaim dukungan terhadap calon lainnya. Dia bilang, tidak ada satupun pandangan DPD I Golkar yang mengusulkan nama selain Airlangga.

"Walaupun ada satu dua DPD yang meminta supaya Munas Desember 2019 memberikan kesempatan kepada kader lainnya untuk maju menjadi calon Ketum Partai Golkar," ucapnya.

2 dari 3 halaman

Langkah Airlangga Mulus

Dengan hasil Rapimnas semalam, Ace yakin jalan Airlangga semakin mulus menduduki Gokar 1. Dukungan itu juga modal utama bagi Partai Golkar dalam menjaga soliditasnya menghadapi Pilkada 2020.

"Dan mengawal pemerintahan Jokowi di bawah kepemimpinan Airlangga," tandas Ace Hasan.

3 dari 3 halaman

Saksikan video pilihan di bawah ini:

Loading
Artikel Selanjutnya
Airlangga Dijadwalkan Hadiri Business Matching Japnas di Surabaya
Artikel Selanjutnya
Nama JK Tak Masuk DPP Golkar, Bamsoet: Mungkin karena Beliau Sibuk