Sukses

Bertemu Jokowi di Istana, Ini yang Dilaporkan KPU

Liputan6.com, Jakarta - Presiden Joko Widodo atau Jokowi menerima pimpinan Komisi Pemilihan Umum (KPU) di Istana Merdeka, Jakarta, Senin pagi. Dalam pertemuan tersebut, pihak KPU menyampaikan beberapa laporan, mulai terkait pelaksanaan Pemilu 2019 hingga tata kelola kelembagaan KPU.

Kepada Jokowi, Ketua KPU Arief Budiman menyampaikan apa yang sudah dilakukan KPU serta apa yang akan dilakukan KPU ke depan, seperti pelaksanaan Pilkada Serentak 2020.

"Kami akan menyampaikan tiga hal, Pak Presiden. Pertama, pelaksanaan Pileg dan Pilpres 2019, kedua terkait pelaksanaan Pilkada Serentak 2020, ketiga terkait tata kelola kelembagaan KPU," kata Arief Budiman di hadapan Jokowi di Istana Merdeka, Senin (11/11/2019).

Dia juga menjelaskan terkait jumlah kandidat anggota legislatif perempuan. Dia menjelaskan, sejak Pemilu 2014 dan 2019 jumlah kandidat anggota legislatif perempuan yang terpilih meningkat.

"Jumlah calon yang terpilih juga mengalami peningkatan, untuk DPR dan DPD, di 2014 terpilih 131, di 2019 terpilih 162," kata Arief.

Tidak hanya itu, dilaporkan Arief soal jumlah partisipasi pemilih juga mengalami peningkatan. Menurut data, ungkap dia, sejak Pemilu 1999 hingga 2009 mengalami tren menurun.

"Pemilu 2014 kita naik tapi dengan angka yang sangat kecil, Pemilu 2019 naik dari 75 menjadi 82 persen," ungkap Arief.

2 dari 3 halaman

Dihadiri Tito dan Mahfud

Selain jajaran Komisioner KPU, dalam pertemuan dengan Jokowi pagi tadi juga hadir Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian dan Menteri Koordinator Polhukam Mahfud Md.

 

Reporter: Intan Umbari Prihatin

 

3 dari 3 halaman

Saksikan video pilihan di bawah ini:

Loading
Artikel Selanjutnya
Prabowo Subianto Sisir Anggaran untuk Beli Alutsista
Artikel Selanjutnya
Jokowi: Reformasi Perpajakan Penting untuk Atasi Pelambatan Ekonomi Global