Sukses

Mahasiswa Kembali Demo Depan Istana, Jalan Medan Merdeka Barat Disterilkan

Aksi demo mahasiswa ini rencananya dimulai pukul 13.00 WIB.

Liputan6.com, Jakarta - Mahasiswa berencana menggelar aksi demonstrasi di depan Istana Merdeka, Jakarta Pusat, Senin (28/10/2019). Sepanjang ruas Jalan Medan Merdeka Barat atau depan Istana Merdeka disterilkan dari lalu lintas kendaraan.

Pantauan Liputan6.com di lokasi sekitar pukul 11.30 WIB, sepanjang Jalan Medan Merdeka Barat sudah tidak ada lagi laju kendaraan bermotor di kedua arahnya. Sterilisasi dilakukan terkait dengan rencana aksi demo yang kembali digelorakan oleh elemen mahasiswa.

Rencananya para mahasiswa akan menyuarakan sejumlah tuntutan kepada pemerintah, salah satunya UU KPK hasil revisi yang dinilai melemahkan lembaga antirasuah tersebut.

"Kami akan turun aksi. Nama aksinya Gerakan Indonesia Memanggil," ujar Ketua BEM Universitas Indonesia (UI), Manik Margamahendra saat dikonfirmasi awak media, Minggu 27 Oktober 2019.

Ruas Jalan Medan Merdeka Barat yang ada di depan Istana disterilkan menyusul rencana demo mahasiswa. Tak ada kendaraan yang melintas. (Muhammad Radityo Priyasmoro/Liputan6.com)

Untuk pengamanan, sebanyak 9.000 tim gabungan TNI-Polri telah disiagakan. Pengamanan aksi demo ini dilakukan oleh jajaran Polda Metro Jaya dibantu Kodam Jaya.

"Ya benar telah kami siapkan (personel keamanan)," ujar Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Argo Yuwono saat dikonfirmasi.

Informasi dihimpun, aksi demo mahasiswa ini rencananya dimulai pukul 13.00 WIB. Akan ada aksi long march atau jalan jauh dari titik kumpul massa di kawasan Bundaran Hotel Indonesia (HI) hingga bundaran Patung Kuda, Jakarta Pusat.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.