Sukses

Efek Rhoma Irama, Bupati Bogor Bakal Gelar Rapid Test di Pamijahan

Ade mengatakan, pelaksanaan rapid tes adalah bentuk konkret pemerintah dalam mengantisipasi penyebaran virus Covid-19.

Liputan6.com, Jakarta - Pemerintah Kabupaten Bogor berencana menggelar tes cepat alias rapid test di Pamijahan, Kabupaten Bogor, Jawa Barat. Langkah itu dilakukan menyusul adanya kegiatan pengumpulan massa di sana.

Pada 28 Juni lalu, salah seorang tokoh masyarakat sekitar, Abah Surya Atmadja menghelat acara khitanan. Abah Surya mengundang sejumlah tamu-tamu beken, di antaranya Rhoma Irama. Si Raja Dangdut bahkan sempat ikut nimbrung dan menyumbangkan lagu di acara tersebut.

"Rencananya Selasa besok (rapid test)," ujar Bupati Bogor Ade Yasin melalui keterangan tertulis, Minggu (5/7/2020).

Ade mengatakan, pelaksanaan rapid tes adalah bentuk konkret pemerintah dalam mengantisipasi penyebaran virus Covid-19. Selepas acara khitanan, timnya juga langsung turun melacak siapa saja yang hadir dalam pentas dangdut itu.

"Kami kerahkan petugas di sana dan Tim Satgas Siaga Corona. Kami tak mau Pamijahan jadi klaster baru Corona," tegas politikus PPP tersebut.

Dia mengajak masyarakat untuk proaktif dan persuasif dalam pelaksanaan rapid test nanti. Pemerintah butuh memetakan warga, sebagai basis acuan penanganan dan mitigasi Covid-19. Terlebih pesta khitanan digelar lebih dari satu hari, karena selain dangdutan ada pula acara seperti wayang golek di hari sebelumnya.

"Kita tidak pernah tahu ketika acara, apakah semua benar-benar clean (bersih) dari Corona? Ini yang kita antisipasi. Jangan sampai masyarakat menjadi korban," beber Ade.

"Menekan penyebaran Covid-19 butuh kesadaran semua pihak. Kita bantu para petugas medis. Saling menjaga. Acara kemarin harus kita jadikan pelajaran," tutup dia.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Peneliti IPPI: Pamijahan Harus Dipantau Ekstra

Terpisah, peneliti dari Indonesian Policy and Politic Institute (IPPI), Muhammad Faturahman menilai langkah Bupati Bogor menyelenggarakan rapid test sangat tepat. Di saat pemerintah gencar menggembar-gemborkan pembatasan sosial, jaga jarak, hingga imbauan mengurangi aktivitas kerumunan massa, ini justru malah sebaliknya.

"Bukan apa-apa, imbasnya masyarakat. Penyebaran Covid-19 ini sangat cepat. Apalagi muncul tren meningkatkanya OTG (orang tanpa gejala). Kasus di Pamijahan harus betul-betul dipantau ekstra," jelas Fatur.

Dia meminta warga, terlebih tokoh masyarakat, untuk mematuhi protokol kesehatan. Pasalnya memasuki era new normal, potensi penyebaran Covid-19 justru makin meningkat.

"Jadi harus tertanam di benak kita, proteksi kesehatan justru harus lebih kuat semenjak sekarang. Sebab aktivitas sudah berangsur normal, di satu sisi yang positif (Corona) terus melonjak," Fatur memungkasi.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.