Sukses

Syukuran Pelantikan Jokowi di Kawasan Monas Disebut Akan Dihadiri 100 Ribu Orang

Liputan6.com, Jakarta - Sekitar 100 ribu massa dari berbagai elemen relawan dan masyarakat umum diperkirakan akan berkumpul di Jalan Medan Merdeka Barat dekat patung kuda, saat pelantikan Joko Widodo dan Ma'ruf Amin sebagai presiden dan wakil presiden 2019-2024. Massa diimbau memakai baju putih-putih.

"Massa semua menyatu di depan Taman Pandang, jadi peserta memenuhi Medan Merdeka Barat dari Patung Kuda, di situ ada panggung dan layar LED, ada bendera merah putih raksasa di Patung Kuda itu," kata Ketua panitia pelaksana syukuran inagurasi presiden dan wakil presiden Indonesia 2019-2024, Andi Gani saat jumpa pers di Hotel Puri Denpasar Jakarta, Sabtu (19/10/2019).

Dia menjelaskan, acara dimulai pukul 12.00 WIB. Pintu masuk dibuka panitia hanya dari gerbang timur Monas yang berada dekat Stasiun Gambir.SSSSSSSSS

Semua massa yang ingin ikut berpartisipasi dalam acara syukuran pelantikan akan diarahkan ke titik tersebut yang baru akan dibuka pukul 11.00 WIB.

"Semua satu pintu masuk menggunakan x-ray, maka kami minta sarankan tidak bawa tas, juga anak-anak kami larang, karena lautan massa yang sangat banyak," imbau Andi.

Andi menegaskan, tidak akan ada pawai atau arak-arakan terhadap Jokowi-Ma'ruf Amin usao pelantikan. Panitia juga melarang massa membawa baliho atau identitas personal relawan tertentu.

Acara syukuran rencananya akan diisi dengan orasi dan pidato dari relawan. Hal ini karena ada permintaan Jokowi yang ingin acara berlangsung sederhana.

"Band-band musik juga kami tolak karena permintaan beliau yang ingin sederhana saja," ucap Andi.

Acara dimulai pukul 12.00 WIB dan berakhir pukul 17.30 WIB. Panitia mengharapkan, massa dapat membubarkan diri dengan tertib sesuai dengan jadwal ditetapkan.

2 dari 3 halaman

Layar di Sejumlah Titik

Andi mengatakan, akan ada layar LED yang tersebar di beberapa titik. Nantinya akan dipakai untuk acara nonton bareng pelantikan Jokowi-Ma'ruf di Gedung MPR Senayan secara langsung.

Belum diketahui secara pasti apakah Jokowi akan turun dan menyapa langsung massa di jalanan. Andi hanya mengatakan semua akan penuh kejutan.

Andi menyebut, ada tiga titik konsentrasi massa syukuran pelantikan Jokowi-Aminm yaitu Lapangan Silang Monas, Medan Merdeka Barat (Patung Kuda), dan Taman Pandang Monas.

Sementara itu, beberapa ruas jalan ditutup, yaitu, arah Harmoni hingga Budi Kemuliaan, sepanjang Medan Merdeka Barat (Patung Kuda), dan kawasan Istana Negara.

Pihak panitia juga menyediakan kantung parkir di IRTI, di sekitaran Monas, dan sepanjang Jalan Merdeka.

3 dari 3 halaman

Saksikan video pilihan di bawah ini:

Loading
Artikel Selanjutnya
Profesor Palsu Membawa Parang di Mobil Dikenakan Pasal Berlapis
Artikel Selanjutnya
Akhir Profesor Abal-Abal yang Ingin Gagah-gagahan Foto di DPR