Sukses

Potret Suasana Gedung Kura-Kura Jelang Pelantikan Anggota Baru DPR

Liputan6.com, Jakarta - Anggota Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) periode 2019-2024 dilantik di Gedung Kura-Kura kawasan Parlemen, Senayan, Jakarta Pusat pada hari ini, Selasa (1/10/2019).

Para calon anggota DPR itu pun datang bersama keluarganya. Para anggota keluarga menunggu di dalam kawasan Parlemen. Terdapat sebuah layar yang disediakan untuk menyaksikan langsung rangkaian pelantikan.

Di Gedung Nusantara III juga tampak keluarga menempati bangku-bangku yang telah disediakan dan berhadapan langsung dengan layar besar berukuran 3x3 meter.

Sementara itu, Sekjen DPR Indra Iskandar mengatakan, pelantikan akan dilaksanakan pukul 10.00-11.40 WIB.

"Di rundown acara jam 10.00 WIB, tapi kami minta anggota (DPR) datang lebih pagi jam 07.00," kata Indra saat dikonfirmasi, Jakarta, Selasa (1/10/2019).

Susunan acara akan dimulai dengan pengumuman pimpinan sementara DPR/DPD/MPR RI oleh Sekjen DPR pada pukul 09.30 WIB.

Selanjutnya, Presiden bersama Wapres dan Ketua KPU memasuki ruang sidang paripurna pada 09.58 WIB. Tepat pada pukul 10.00 WIB, sidang paripurna akan dimulai dengan pengucapan sumpah atau janji anggota DPR.

Kemudian akan dilakukan rapat Badan Musyawarah atau Bamus yang diikuti oleh seluruh fraksi. Rapat itu guna menentukan jajaran pimpinan.

"Bamus dari semua fraksi-fraksi. Bamusnya akan setelah jam 2 akan kami pertemukan, pimpinan termuda dan tertua akan pimpin rapat Bamus. Kami perkirakan sudah akan ketemu formatnya, DPR itu tidak sulit ya, semua sudah diatur jelas di dalam UU-nya," pungkas Indra.

Setelah itu, acara dilanjut dengan pelantikan pimpinan DPR. Pelantikan pimpinan DPR bisa dilakukan pada malam hari setelah rapat Bamus.

2 dari 8 halaman

Para keluarga anggota baru DPR sudah tiba di Gedung Parlemen.

3 dari 8 halaman

Mereka mulai memasuki Gedung Parlemen, tepatnya depan Nusantara III DPR.

4 dari 8 halaman

Beginilah suasana di dalam Gedung Kura-Kura kawasan Parlemen Senayan jelang pelantikan.

5 dari 8 halaman

Layar besar disiapkan untuk anggota keluarga yang ingin melihat prosesi pelantikan anggota baru DPR periode 2019-2024.

6 dari 8 halaman

Terlihat juga anak-anak hadir bersama orangtuanya di sekitar Gedung Kura-Kura.

7 dari 8 halaman

Para keluarga dari anggota baru DPR pun saat ini mulai duduk memadati kursi yang telah disediakan di depan layar untuk melihat acara pelantikan.

8 dari 8 halaman

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini: