Sukses

Deteksi Dini Kanker Rahim, Iriana Jokowi Minta Ibu-Ibu Rutin Tes IVA

Sebelum melakukan sosialisasi tes IVA, Iriana bersama para istri menteri kabinet kerja meninjau PAUD SPS Bustanul Amin.

Liputan6.com, Jakarta - Ibu Negara Iriana Jokowi mengingatkan para ibu-ibu untuk rutin melakukan tes Inspeksi Asam Asetat (IVA). Hal ini sebagai deteksi dini kanker rahim.

Iriana mengatakan hal ini saat melakukan sosialisasi tes IVA di Puskesmas Merdeka Kota Palembang Sumatera Selatan, Selasa (17/9/2019). Ibu Negara juga mengingatkan agar para ibu tidak mengira-ngira sendiri dan segera berkonsultasi ke dokter apabila ada tanda-tanda kurang baik.

"Memang usia-usia kita ini perlu dicek ya Bu. Semoga sehat semuanya," ucap Iriana di lokasi.

Sesi dialog menjadi semakin seru saat Iriana memberikan tantangan kepada peserta yang hadir. Tiga orang ibu berhasil menjawab pertanyaan dan mendapatkan hadiah menarik dari Iriana.

Sebelum melakukan sosialisasi tes IVA, Iriana bersama para istri menteri kabinet kerja meninjau PAUD SPS Bustanul Amin, Kota Palembang. Iriana tampak gembira bisa senam bersama anak-anak di halaman sekolah tersebut.

Setelah itu, acara dilanjutkan dengan pemindahan bibit tanaman yang dirangkaikan dengan sosialisasi gerakan mencuci tangan. Iriana juga sempat berinteraksi dengan para murid.

Mereka bernyanyi bersama dan Iriana membagikan hadiah bagi murid yang berani tampil di depan. Anak-anak yang baru pertama kali bertemu langsung dengan Ibu Negara mengaku sangat senang dapat berinteraksi.

"Senang sekali dapat bertemu Ibu Iriana," ujar salah satu murid PAUD bernama Alifah.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Sosialisasi Bahaya Narkoba

Ibu Negara Iriana Jokowi mempunyai cara unik tersendiri bagi generasi muda penerus bangsa agar menjauhi narkoba. Iriana melakukannya dengan menggelar sosialisasi narkoba ke para siswa-siswa yang duduk di bangku SMP ataupun SMA.

Kali ini, adalah siswa SMA di Palembang, Sumatera Selatan yang mendapat sosialisasi narkoba dari Ibu Negara. Selain memberikan sebuah kuis tentang narkoba, dia juga membagikan hadiah berupa sepeda hingga laptop.

Iriana kemudian meminta beberapa siswa untuk maju ke depan untuk menjawab kuis dan diberikan sepeda. Siswa SMA 1 Kota Palembang bernama Ahmad Sami yang mendapat giliran maju pertama untuk menjawa kuis dari Iriana.

"Seandainya saya pemakai narkoba bagaimana saran Sami?" tanya Iriana saat melakukan sosialisasi di Gedung Griya Agung Kota Palembang Jakarta Selatan, Selasa (17/9/2019).

"Saya selaku pendengar melaporkan ke BNN yang sudah dikasih nasihat tapi masih keras kepala pakai narkoba," jawab Sami yang bercita-cita kuliah di Universitas Indonesia.

Sontak, jawaban Sami ini membuat seisi gedung tertawa. Meski begitu, Iriana tetap memberikannya hadiah.

"Ambil sepedanya," ucap dia.

Iriana kembali memberikan pertanyaan kepada salah satu siswa di Palembang. Kali ini, dia menanyakan jenis-jenis narkoba. Dengan tegas, siswa tersebut menjawab beberapa jenis narkoba yang diketahuinya.

"Ganja, sabu, ekstasi, PCC, pil ekstasi," tutur siswa tersebut.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.