Sukses

Melihat Lebih Dekat Liang Lahat untuk BJ Habibie

Liputan6.com, Jakarta - Presiden ke-3 RI Bacharuddin Jusuf Habibie atau BJ Habibie akan dimakamkan di Taman Makam Pahlawan (TMP) Kalibata, Jakarta Selatan, Kamis (12/9/2019).

Rencananya, BJ Habibie akan dimakamkan pada pukul 13.30 WIB. Prosesi upacara pemakaman sendiri akan dipimpin oleh Presiden Joko Widodo atau Jokowi.

Pantauan Liputan6.com di TMP Kalibata, tempat pemakaman BJ Habibie sudah disiapkan dengan diberi karpet merah di sekitarnya. Petugas melarang awak media maupun pelayat menginjak karpet tersebut.

Sementara petugas pemakaman masih merapikan liang lahat untuk almarhum. Di sekitar liang lahat dibatasi dengan garis merah dengan tulisan TMPN Utama Kalibata, dan garis biru dengan tulisan Kementerian Sekretariat Negara RI.

Makam Presiden ke-3 RI BJ Habibie di TMP Kalibata, Jakarta, Kamis (12/9/2019). Habibie meninggal pada usia 83 tahun akibat gagal jantung dan menua. (Liputan6.com/Herman Zakharia)

Makam BJ Habibie sendiri menempati kavling 120 berada di samping pusara sang istri Ainun Habibie yang berada di kavling 121. Sementara pusara mantan ibu negara Ani Yudhoyono berada di kavling 129 tepat berada di depan makam BJ Habibie.

Di sebelah kanannya, terdapat makam mantan Menteri Negara Perencanaan Pembangunan Nasional, Widjojo Nitisastro.

Kemudian di belakang makam BJ Habibie terdapat tempat peristirahatan terakhir Wakil Presiden ke-4 RI H Umar Wirahadikusumah dan Pahlawan Nasional Abdul Haris Nasution atau Jenderal AH Nasution.

 

2 dari 3 halaman

Area Steril

Di sekitar lokasi makam baru terlihat karangan bunga dari Kepala BIN Budi Gunawan. Sekitar pukul 09.00 WIB seluruh awak media maupun pelayat tidak diperkenankan mendekat di sekitar lokasi.

Terlihat ada dua anjing pelacak berada di sekitar lokasi untuk mensterilkan area. Dua anjing pelacak tersebut diberi nama Banana dan Chaterine.

Sebelum diberangkatkan ke TMP Kalibata, jenazah BJ Habibie terlebih dahulu diserahkan ke pemerintah melalui upacara di rumah duka Jalan Patra Kuningan XIII/3 Jakarta Selatan pukul 12.30 WIB.

Kemudian, jenazah akan diberangkatkan pukul 13.00 WIB dari rumah duka menuju TMP Kalibata.

"13.30 prosesi upacara pemakaman jenazah di TMP Kalibata," kata Sekretaris Pribadi BJ Habibie, Rubijanto, dalam keterangannya, Kamis (12/9/2019).

3 dari 3 halaman

Saksikan video pilihan di bawah ini:

Loading
Artikel Selanjutnya
Wacana Nama Bandara BJ Habibie, Ridwan Kamil: Masih Dengar Masukan Masyarakat
Artikel Selanjutnya
Mengenal Sosok BJ Habibie dan Ainun dari Tangan Kanannya