Kapolri dan Panglima TNI Ajak Semua Pihak Jaga Persatuan

Kapolri dan Panglima TNI Ajak Semua Pihak Jaga Persatuan

Kapolri Jenderal Polisi Tito Karnavian dan Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto berkunjung ke Kota Jayapura, Papua.

Seperti ditayangkan Liputan6 SCTV, Kamis (29/8/2019), dalam kunjungan ini Kapolri dan Panglima TNI menyampaikan jaminan keamanan bagi mahasiswa dan orang asli Papua yang ada di berbagai daerah di nusantara.

"Orang asli Papua yang tinggal di luar Papua akan kita berikan jaminan keamanan, namun, namanya juga merantau ya, jadi harus mampu beradaptasi dengan kehidupan masyarakat setempat," ucap Kapolri Jenderal Polisi Tito Karnavian.

Terkait kasus ujaran rasis di asrama mahasiswa Papua di Surabaya, Jawa Timur, Panglima TNI telah mencopot Danramil Tambaksari dan tengah menjalani pemeriksaan. Sementara, polisi telah memeriksa sejumlah saksi yang terlibat dalam aksi di asrama Papua.

"Dari TNI ada dua dan masih diperiksa, dalam peristiwa itu banyak juga ormas ya tapi atas nama perorangan," ujar Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto.

Dalam kunjungan ini Kapolri dan Panglima TNI juga bertemu dengan tokoh agama, para tokoh masyarakat, dan tokoh adat. Mereka mengajak semua pihak menjaga keamanan, kedamaian, dan persatuan di Papua. Masyarakat juga diminta untuk tidak mudah terhasut oleh berita bohong atau hoaks.

Selain ke jayapura, kapolri dan Panglima TNI juga berkunjung ke Mimika untuk bertemu dengan para tokoh masyarakat dan agama.

Usai pertemuan, Panglima TNI mengatakan kehadirannya di Kabupaten Mimika bersama Kapolri untuk mendengarkan dan mengetahui langsung persoalan yang terjadi di Papua pasca-insiden di Surabaya dan Malang.

Ringkasan

Oleh Muhammad Gustirha Yunas pada 29 August 2019, 08:21 WIB

Video Terkait

Spotlights