Sukses

Top 3 News: Aksi Mengejutkan Jokowi di HUT ke-74 RI

Liputan6.com, Jakarta - Top 3 News, Presiden Joko Widodo atau Jokowi kerap membuat aksi di luar protokoler dalam beberapa kesempatan. Kedekatannya kepada warga, seakan mengatakan tak ada batas antara rakyat dan presidennya.

Menyapa, berjabat tangan atau bahkan menyediakan waktu untuk berselfie ria kerap dilakukan Jokowi saat bertemu masyarakat. Namun, pada HUT ke-74 RI di Istana Merdeka kali ini, hal mengejutkan terjadi.

Jokowi yang mengenakan baju adat Bali, tiba-tiba turun mimbar ke tengah lapangan dan mendekati Komandan Upacara Kolonel Laut (P) Hariyo Poernomo. Jokowi menyalami sambil menepuk-nepuk pundaknya. Para tamu undangan yang hadir langsung beteriak riuh dan bertepuk tangan.

Sementara itu, Ibu Negara Iriana tampil cantik dan anggun dalam balutan baju adat Simalungun saat acara HUT RI 2019 berlangsung. 

Namun, satu hal yang mencuri perhatian hadirin serta awak media saat itu. Tas tangan yang dibawa Iriana tertulis  'Horas'. 

Cerita menarik lainnya datang dari seorang Paskibraka yang bertugas sebagai pengerek bendera pusaka, Sabtu pagi, 17 Agustus 2019. Rasa gugup yang datang saat tengah menaikkan bendera membuatnya mendapatkan hadiah sepeda merah putih dari Presiden Jokowi saat digelar silaturahmi dengan para anggota Paskibraka lainnya. 

Kepada wartawan, Rangga mengaku grogi karena di depan orang banyak. 

Berikut berita terpopuler di kanal News Liputan6.com, sepanjang Sabtu, 17 Agustus 2019:

 

2 dari 5 halaman

1. 2 Aksi Jokowi yang Bikin Kaget di Upacara HUT ke-74 RI

Tak hanya soal baju daerah yang kerap bikin banyak orang penasaran saat Presiden Joko Widodo atau Jokowi menghadiri sebuah acara kenegaraan atau momen-momen penting.

Aksinya yang kerap di luar protokoler juga tak kalah menjadi sorotan. Pada HUT ke-74 RI tahun ini, Jokowi yang mengenakan baju adat Bali, langsung keluar dari mimbar kehormatan dan menyalami Komandan Upacara Kolonel Laut (P) Hariyo Poernomo.

Mantan Gubernur DKI Jakarta itu juga menepuk-nepuk pundak Hariyo. Para tamu undangan yang hadir langsung beteriak riuh dan bertepuk tangan.

Selain menyalami Komandan Upacara, Jokowi juga menyalami para pejabat negara dan tamu undangan yang hadir.

Lantas, seperti apa perasaan Kolonel Laut Hariyo Poernomo?

 

Selengkapnya...

3 dari 5 halaman

2. Selain Pakaian Adat Simalungun, Tas Tangan Iriana Juga Mencuri Perhatian

Ibu Negara Iriana pun juga tak mau kalah. Dia tampak anggun dengan baju berwarna merah dan kain ulos dari Simalungun. Dia juga tampak mengenakan aksesoris Bulang di kepalanya dengan warna senada.

Tak hanya pakaian, tas tangan yang dipegang Iriana juga mencuri perhatian. Apalagi, tas tangan yang mirip seperti bentuk keranjang itu menyimpan tulisan 'Horas'.

Horas adalah salam khas Batak sebagai ungkapan rasa gembira dan syukur dan juga pengharapan atas keselamatan dan berkat dari Tuhan Yang Maha Esa.

Tida di Istana Merdeka tadi pagi, Iriana dan Jokowi masuk ke arena upacara menggunakan mobil kepresidenan dan langsung masuk dari pintu Jalan Medan Merdeka Utara.

 

Selengkapnya...

4 dari 5 halaman

3. Gugup Saat Mengerek Bendera, Paskibraka Asal Jabar Ini Diberi Jokowi Sepeda

Presiden Joko Widodo atau Jokowi tiba-tiba mencari sosok Rangga Wirabrata Mahardika yang merupakan anggota Paskibraka asal Jawa Barat. Momen ini terjadi saat Jokowi mengadakan acara silaturahmi dengan para anggota Paskibraka 2019 di Istana Negara Jakarta, Sabtu (17/8/2019).

Awalnya Jokowi mengadakan kuis dan meminta salah satu paskibraka untuk maju ke depan. Namun, mantan Gubernur DKI Jakarta itu tiba-tiba ingat paskibraka yang bertugas mengerek bendera Merah Putih saat Upacara Peringatan Detik-Detik Proklamasi Kemerdekaan RI di Istana Merdeka.

Rangga mendadak sontak kaget begitu namanya dipanggil oleh Jokowi. Siswa SMA Presiden Cikarang Jawa Barat itu langsung maju ke atas panggung.

Mantan Wali Kota Solo itu lalu mengungkapkan alasannya mengingat dan memanggil Rangga.

 

Selengkapnya...

5 dari 5 halaman

Saksikan video pilihan di bawah ini:

Loading
Artikel Selanjutnya
Jokowi Minta Warga di Wamena Tak Terpancing Kabar Hoaks
Artikel Selanjutnya
Jokowi: Revisi UU KPK Inisiatif DPR