Sukses

Iriana Jokowi dan Mufidah Kalla Lepas 4 Ekor Elang Bondol di Batam

Ada empat ekor elang bondol atau Haliastur indus yang dilepas Iriana di Taman Wisata Alam (TWA) Muka Kuning Kota Batam.

Liputan6.com, Jakarta - Ibu Negara Iriana Jokowi dan Mufidah Jusuf Kalla melanjutkan rangkaian kunjungan di Kota Batam dengan melepasliarkan elang bondol. Keduanya ditemani oleh sejumlah istri menteri kabinet kerja.

Total ada empat ekor elang bondol atau Haliastur indus yang dilepas Iriana di Taman Wisata Alam (TWA) Muka Kuning Kota Batam, Rabu (7/8/2019). Iriana dan Mufidah melepas tali ikatan yang terhubung dengan kandang 4 ekor burung elang tersebut.

Begitu tali itu ditarik, empat ekor burung elang yang diletakkan dalam sarang itu pun langsung terbang bebas ke langit. Senyum pun mengembang di wajah Ibu Negara ketika melihat para elang dilepas ke habitatnya.

Sebagai informasi, elang-elang yang dilepasliarkan telah menjalani proses rehabilitasi di Pusat Konservasi Elang Kamojang (PKEK) Garut, Jawa Barat. Proses rehabilitasi elang-elang dilakukan selama 490 hingga 885 hari.

Dalam jangka waktu itu, elang akan diperiksa kesehatannya, sehingga bebas dari penyakit dan sehat.

Tahap akhir meliputi pemulihan perilaku alaminya, seperti peningkatan kemampuan terbang dan berburu, sehingga sifat alami elang tersebut berkembang dan layak untuk dilepasliarkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Lewati Habituasi dan Adaptasi

Elang yang dilepasliarkan terdiri dari 2 pasang, pasangan pertama Elang Bondol Jantan yang diberi nama Leo dengan elang bondol betina yang diberi nama Ela. 

Sementara pasangan kedua, Elang bondol jantan yang diberi nama Malabar dengan elang bondol betina yang diberi nama Seujah.

Sebelum dilepasliarkan, elang tersebut terlebih dahulu melewati proses habituasi dan adaptasi. Elang bondol yang dilepasliarkan di Taman Wisata Alam Muka Kuning ini memiliki peluang dan kesempatan untuk dapat berkembang dan beradaptasi kembali di habitat alaminya.

Melalui pelepasliaran elang bondol ini, Iriana dan Mufidah ingin memberikan pesan pentingnya keberadaan satwa dan habitatnya, serta upaya-upaya konservasi alam di Indonesia.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Presiden Jokowi hibur anak-anak dengan atraksi sulap di peringatan Hari Anak Nasional, di Pekanbaru, Riau.
    Joko Widodo merupakan Presiden ke-7 Indonesia yang memenangi Pemilihan Presiden bersama wakilnya Jusuf Kalla pada 2014

    Jokowi

  • Hj. Iriana atau juga dikenal dengan Ibu Iriana Joko Widodo adalah istri dari Presiden Indonesia ketujuh, Ir. H. Joko Widodo.
    Hj. Iriana atau juga dikenal dengan Ibu Iriana Joko Widodo adalah istri dari Presiden Indonesia ketujuh, Ir. H. Joko Widodo.

    Iriana Jokowi

Video Terkini