Sukses

Gempa Banten, Jokowi Minta Masyarakat Tetap Tenang

Liputan6.com, Jakarta - Presiden Joko Widodo atau Jokowi terus memonitor kejadian gempa Banten yang terjadi pada pukul 19.03 WIB. Gempa bermagnitudo 6,9 itu dirasakan di sejumlah wilayah di Indonesia.

"Saya sudah perintahkan kepada BNPB, TNI, Polri, dan Mensos untuk bertindak cepat apabila memang diperlukan dengan segera," kata Jokowi di Istana Jakarta, Jumat (2/8/2019).

Dia menambahkan, pihaknya terus memonitor perkembangan terkait kondisi dari kejadian gempa Banten. Hingga saat ini, suasana dalam keadaan kondusif.

"Paling penting seluruh masyarakat tetap tenang, hati-hati, dan selalu waspada," pinta Jokowi.

Sementara itu, Kepala Bidang Mitigasi Gempabumi dan Tsunami BMKG Daryono menjelaskan, dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenternya, gempa Banten yang terjadi merupakan jenis gempa dangkal akibat adanya deformasi batuan dalam Lempeng Indo-Australia.

"Hasil analisis mekanisme sumber menunjukkan bahwa gempa ini dipicu penyesaran oblique yaitu kombinasi gerakan mendatar dan naik," terang Daryono.

 

2 dari 3 halaman

Terasa di Sejumlah Wilayah

Guncangan gempa ini dirasakan di Lebak dan Pandeglang IV-V MMI; Jakarta III-IV MMI; Bandung, Serang, Bekasi, Tangerang, Bandar Lampung, Purwakarta, Bantul, Kebumen, II-III MMI; Nganjuk, Malang, Kuta, Denpasar, II MMI.

"Hingga saat ini belum ada laporan dampak kerusakan yang ditimbulkan akibat gempa tersebut," ujar dia.

3 dari 3 halaman

Saksikan video pilihan berikut ini:

Loading
Artikel Selanjutnya
Jokowi Minta Warga di Wamena Tak Terpancing Kabar Hoaks
Artikel Selanjutnya
Jokowi: Revisi UU KPK Inisiatif DPR