Sukses

Top 3 News: Saat Warga Bogor Panik Rasakan Getaran Gempa Bayah Banten

Top 3 News, apakah gempa Bayah Banten dapat memicu letusan Gunung Krakatau dan Tangkuban Parahu?

Liputan6.com, Jakarta - Top 3 News hari ini, gempa magnitudo 5,2 yang dimutahirkan menjadi 4,9 mengguncang Bayah, Provinsi Banten, Minggu malam, 28 Juli 2019, tidak berpotensi tsunami. 

Meski demikian, Lindu yang terjadi pada pukul 21.25 WIB tersebut sempat membuat warga Bogor panik walau hanya merasakan getarannya sekian detik.

Lantas apakah gempa Bayah Banten dapat memicu letusan Gunung Krakatau dan Tangkuban Parahu?

Menurut Kepala Bidang Informasi Gempabumi dan Peringatan Dini Tsunami BMKG, Daryono, gempa Bayah tidak akan memicu erupsi Gunung Krakatau, begitu pun Gunung Tangkuban Parahu. Sebab getaran gempa tersebut terbilang tidak kuat.

Dia menambahkan, gempa bumi tidak akan mengganggu aktivitas gunung berapi asalkan gunung tersebut tidak dalam kondisi aktif.

Saat gempa Bayah terjadi,hingga kini belum ada informasi terkait kerusakan infrastruktur yang ditimbulkan akibat gempa di Provinsi Banten ini. 

Berikut berita terpopuler di kanal News Liputan6.com, sepanjang Minggu, 28 Juli 2019:

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

1. Warga Bogor Berteriak Saat Rasakan Getaran Gempa Bayah Banten

Gempa bumi berkekuatan magnitudo (M) 5,2 terjadi di 59 Barat Daya Bayah, Provinsi Banten, Minggu (28/7/2019) sekitar pukul 21.25 WIB.

Getaran gempa Bayah terasa hingga Bogor, Jawa Barat. Sejumlah warga sempat merasakannya beberapa detik.

"Lagi duduk sambil nonton tv tiba-tiba kursi kok goyang," kata Sarif Hidayat, warga Tajur, Kota Bogor.

Begitu pula di Kecamatan Bojonggede, Kabupaten Bogor, sejumlah warga sempat panik begitu merasakan gempa.

 

Selengkapnya...

3 dari 4 halaman

2. Gempa 5,2 di Bayah Banten Akan Picu Letusan Gunung Krakatau?

Gempa bermagnitudo 5,2 yang diupdate 4,9, mengguncang kawasan Bayah, Banten. Lindu yang terjadi pada pukul 21.25 ini memiliki kedalaman 10 km.

Menurut Kepala Bidang Informasi Gempabumi dan Peringatan Dini Tsunami BMKG, Daryono, gempa Bayah tersebut tidak akan memicu erupsi Gunung Krakatau di Selat Sunda.

"Tidak mas, tidak sama sekali. Jadi Krakatau terlalu jauh, hanya II MMI, getarannya sudah melemah," ujar dia kepada Liputan6.com, Jakarta, Minggu (28/7/2019).

Dia menambahkan, gempa bumi tidak akan mengganggu aktivitas gunung berapi asalkan gunung tersebut tidak dalam kondisi aktif. 

Lalu, bagaimana dengan Tangkuban Parahu?

 

Selengkapnya...

4 dari 4 halaman

3. Gempa Magnitudo 5,2 Guncang Bayah Banten

Dikutip dari laman resmi Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG), lokasi gempa Bayah berada di 59 km Barat Daya Bayah-Banten, dengan kedalaman mencapai 10 kilometer.

Gempa magnitudo 5,2 mengguncang Bayah, Banten, Minggu (28/7/2019). Lindu terjadi pada pukul 21.25 WIB. 

BMKG menegaskan, gempa Bayah Banten ini tidak berpotensi tsunami. Sementara, koordinat titik gempa terjadi di 7.42 Lintang Selatan,106.03 Bujur Timur.

 

Selengkapnya...

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.