Sukses

BMKG: Gempa Hari Ini Buat 3 Wilayah Indonesia Berguncang

Setidaknya, ada tiga wilayah di Nusantara yang digoyang oleh gempa pada hari ini.

Liputan6.com, Jakarta - Gempa kembali mengguncang Indonesia. Setidaknya, ada tiga wilayah di Nusantara yang digoyang oleh lindu pada hari ini.

Informasi mengenai gempa ini diperoleh dari laman resmi milik Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) www.bmkg.go.id, Kamis (18/7/2019).

Gempa pertama pada hari ini terjadi di Larantuka, Nusa Tenggara Timur. Lindu ini mengguncang pada pukul 05.59 dan bermagnitudo 5.

Selain itu, gempa juga membuat wilayah Labuha, Kabupaten Halmahera Selatan, Provinsi Maluku Utara. Lindu ini berkekuatan magnitudo 3,5.

Berikut tiga gempa yang mengguncang Indonesia hari ini:

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

1. Larantuka

Gempa pertama pada hari ini terjadi pada pukul 05.59 WIB. Lindu yang mengguncang Larantuka, Nusa Tenggara Timur itu bermagnitudo 5 dengan kedalaman 559 kilometer.

Pusat gempa berada 99 kilometer timur laut Larantuka.

Lokasi gempa berada pada garis lintang -7.45 dan garis bujur 123.19.

 

3 dari 4 halaman

2. Labuha

Lindu juga turut mengguncang wilayah Labuha, Kabupaten Halmahera Selatan, Provinsi Maluku Utara. Gempa terjadi pada pukul 09.46 WIB.

Lindu ini bermagnitudo 3,5 dengan kedalaman 10 kilometer.

Lokasi gempa berada pada 0.52 Lintang Selatan-127.59 Bujur Timur.

Pusat gempa berada di darat 16 kilometer timur laut Labuha.

 

4 dari 4 halaman

3. Banda

Selain itu, gempa juga membuat wilayah Banda, Maluku berguncang. Lindu yang bermagnitudo 2,9 ini dengan kedalaman 10 kilometer terjadi pada pukul 18.12 WIB.

Pusat gempa berada di laut 11 kilometer barat daya Banda.

Lokasi gempa berada pada 4.62 Lintang Selatan-129.85 Bujur Timur.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Gempa adalah peristiwa bergetar atau bergoncangnya bumi karena pergerakan atau pergeseran lapisan batuan pada kulit bumi secara tiba‐tiba.

    Gempa

  • Gempa atau gempa bumi (earthquake) adalah peristiwa bergetar atau bergoncangnya bumi karena pergerakan atau pergeseran lapisan batuan.
    Gempa atau gempa bumi (earthquake) adalah peristiwa bergetar atau bergoncangnya bumi karena pergerakan atau pergeseran lapisan batuan.

    Gempa Hari Ini

  • BMKG adalah singkatan dari Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika yang berstatus Lembaga Pemerintah Non Departemen (LPN).

    BMKG