Sukses

Sebulan Lalu, Jokowi Sudah Beri Sinyal Bertemu Prabowo di MRT

Rekonsiliasi keduanya telah dinantikan banyak pihak. Bahkan, Jokowi juga telah lama ingin bertemu dengan Ketum Gerindra itu.

Liputan6.com, Jakarta - Presiden terpilih Joko Widodo atau Jokowi dikabarkan akan bertemu dengan rivalnya di Pilpres 2019, Prabowo Subianto, Sabtu (13/7/2019). Keduanya direncanakan bertemu di Stasiun Moda Raya Terpadu (MRT) Lebak Bulus, Jakarta Selatan.

Rekonsiliasi keduanya telah dinantikan banyak pihak. Bahkan, Jokowi juga telah lama ingin bertemu dengan Ketum Gerindra itu.

Jokowi sendiri telah lama memberikan sinyal tentang pertemuannya dengan Prabowo. Dia menyebut, rekonsiliasi bisa dilakukan di mana saja, salah satunya sambil menaiki MRT.

"Ya di manapun bisa, bisa dengan naik kuda, bisa. Bisa di Jogja bisa, bisa naik MRT bisa," kata Jokowi di usai meninjau revitalisasi Pasar Sukawati Kabupaten Gianyar Bali, Jumat 14 Juni 2019.

Jauh sebelum akhirnya bertemu, mantan Gubernur DKI Jakarta itu sempat mengutus Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman Luhut Binsar Pandjaitan untuk membuka komunikasi pasca pencoblosan Pilpres 2019.

Meski Luhut dan Prabowo telah menentukan jadwal, namun akhirnya pertemuan tersebut batal. Saat itu, Prabowo mengaku sedang sakit.

Setelah pengumuman pemenang Pilpres, Wapres Jusuf Kalla pun bertemu Prabowo di rumah dinasnya. Pertemuan tersebut merupakan inisiasi Jokowi dengan JK.

Saksikan video pilihan berikut ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Rekonsiliasi Hal yang Penting

Saat itu, JK menyatakan tidak menutup kemungkinan pertemuan Presiden Joko Widodo dan Prabowo Subianto terjadi setelah Lebaran. Pertemuan itu saat ini sedang diatur.

Jokowi sendiri mengatakan rekonsiliasi dengan Prabowo adalah hal yang penting. Dia ingin masyarakat melihat bahwa Pemilu 2019 berjalan dengan damai.

"Sehingga rakyat melihat bahwa pemilu sudah selesai dengan lancar, aman? damai dan tidak ada satu apapun," jelas Jokowi di Plataran Menteng Jakarta Pusat, Kamis 18 April 2019.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.