Sukses

Keinginan Megawati Setelah Kunjungi Beijing World Horticultural Expo

Megawati pun akan menyampaikan ke Presiden Joko Widodo atau Jokowi, agar bisa membuat tempat seperti Beijing World Horticultural Expo di Indonesia.

Liputan6.com, Jakarta - Di sela-sela pelaksanaan World Peace Forum di Tsinghua University, Beijing, Senin (8/7/2019), Presiden RI Kelima Megawati Soekarnoputri menyempatkan diri berkunjung ke Beijing World Horticultural Expo 2019.

Lokasinya berada dekat dengan salah satu titik Tembok Besar China di distrik Yanqing, Beijing. Luas lahan lokasi expo lebih dari 500 hektare. Mirip seperti Taman Mini Indonesia Indah (TMII), terdapat anjungan dari masing-masing 34 propinsi di China. Masing-masing anjungan menampilkan kekhasan budaya dan utamanya flora.

Semuanya dikelilingi oleh pepohonan hijau dan ditata sedemikian rupa sehingga indah serta menyejukkan. Megawati bersama rombongan mendatangi tiga anjungan yang disebut paviliun. Hampir 80 menit dihabiskannya berjalan-jalan mengecek tanaman yang ada.

Megawati mengaku apa yang dilakukan China sangat impresif. Tanamannya begitu banyak dan dipelihara dengan sangat baik. Megawati pun ingin Indonesia memiliki hal yang sama.

"Sebenarnya saya juga berpikir Indonesia bisa membuat seperti ini," kata Megawati, dalam keterangannya, Selasa (9/7/2019).

Dia pun akan menyampaikan ke Presiden Joko Widodo atau Jokowi, agar bisa membuat seperti ini di Indonesia.

"Jadi nanti kalau saya mau ngomong dengan presiden, agar bisa diberikan seperti ini. Karena rakyat perlu tempat seperti ini," jelas Ketua Umum DPP PDI Perjuangan itu.

Saksikan video pilihan berikut ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Diterapkan di Indonesia

Megawati meyakini Indonesia memiliki jauh lebih banyak jenis flora dan fauna dibanding Tiongkok. Selain sebagai tempat eksibisi, Megawati menilai taman besar seperti di Beijing itu akan berguna sebagai sarana pendidikan bagi anak dan kaum muda Indonesia.

Menurut dia, membawa anak ke taman demikian sama saja membuat anak akan belajar secara langsung.

"Jadi sebetulnya sangat mudah kalau kita mempunyai hal seperti ini. Tidak perlu berteori lagi. Saya lihat ada tempat untuk menanam sayur-sayuran, itupun perlu diajarkan ke anak-anak. Itu sebuah pendidikan yang langsung," pungkasnya.

Gelaran Beijing Agricultural Expo 2019 dilaksanakan selama 162 hari. Akan ada setidaknya 2.500 agenda acara yang disiapkan selama pelaksanannya. Pemerintah China sendiri menargetkan acara itu mampu menarik setidaknya 16 juta pengunjung dari dalam dan luar negeri.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Dr.(H.C.) Hj. Dyah Permata Megawati Setyawati Soekarnoputri adalah Presiden Indonesia ke 5 periode  23 Juli 2001 — 20 Oktober 2004.
    Dr.(H.C.) Hj. Dyah Permata Megawati Setyawati Soekarnoputri adalah Presiden Indonesia ke 5 periode 23 Juli 2001 — 20 Oktober 2004.

    Megawati

  • Dr.(H.C.) Hj. Dyah Permata Megawati Setyawati Soekarnoputri adalah Presiden Indonesia ke 5 periode  23 Juli 2001 — 20 Oktober 2004.
    Dr.(H.C.) Hj. Dyah Permata Megawati Setyawati Soekarnoputri adalah Presiden Indonesia ke 5 periode 23 Juli 2001 — 20 Oktober 2004.

    Megawati Soekarnoputri

  • PDIP