Sukses

Pertemuan Bilateral, RI-Turki Bahas Rencana Kunjungan Erdogan ke Indonesia

Liputan6.com, Jakarta - Pemerintah Indonesia dan Turki melakukan pertemuan bilateral di sela KTT G20 di Osaka, Jepang. Dalam pertemuan tersebut membahas pula rencana kunjungan Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan ke Indonesia awal tahun 2020.

Mengingat pada 2020, Turki dan Indonesia merayakan 70 tahun hubungan diplomatik.

Selain itu, dalam pertemuan tersebut Presiden Turki Erdogan juga kembali mengucapkan selamat atas terpilihnya kembali Presiden Joko Widodo atau Jokowi sebagai presiden Indonesia periode 2019-2024.

"Terima kasih Presiden Erdogan atas ucapan selamatnya. Semua proses pemilu saat ini sudah selesai," kata Jokowi, Sabtu (29/6/2019).

Erdogan merupakan salah satu kepala negara yang pertama kali menelepon Jokowi untuk menyampaikan ucapan selamat setelah hasil quick count atau hitung cepat diumumkan. Terkait rencana kunjungan Erdogan ke Indonesia, kedua pemimpin meminta agar persiapan kunjungan mulai dapat dilakukan sehingga menghasilkan kerja sama konkret yang menguntungkan kedua pihak.

Selain itu, dalam pertemuan itu Erdogan juga menawarkan beberapa kerja sama industri strategis. Selanjutnya Jokowi dan Erdogan juga sepakat melipatgandakan volume dan nilai perdagangan kedua negara.

Turki juga menyampaikan dukungan atas pencalonan Indonesia di Dewan Hak Asasi Manusia PBB 2020-2022.

2 dari 3 halaman

Pertemuan Bilateral

Hari kedua menghadiri Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G20, Sabtu, 29 Juni 2019, Presiden Jokowi mengikuti serangkaian kegiatan yang digelar di INTEX Osaka, Jepang.

Setelah mengadakan pertemuan bilateral dengan PM India Narendra Modi, Presiden menghadiri leaders’ side-event tentang pemberdayaan perempuan. Sebelum mengikuti kegiatan tersebut, Presiden Jokowi terlebih dahulu bertemu dengan para pembicara, yaitu Ratu Kerajaan Belanda Máxima dan putri dari Presiden Amerika Serikat Donald Trump, Ivanka Trump.

"Bapak Presiden Jokowi bertemu dengan kedua pembicara membahas tentang pemberdayaan perempuan. Presiden juga sempat berfoto bersama," ujar Menteri Luar Negeri Retno Marsudi yang turut hadir dalam pertemuan tersebut.

Sesi selanjutnya yang diikuti Presiden Jokowi adalah sesi yang membahas tentang upaya mengatasi kesenjangan, inklusifitas, dan pembangunan yang berkesinambungan.

Usai menghadiri sesi tersebut, secara berturut-turut Presiden Jokowi akan mengadakan pertemuan bilateral dengan Putra Mahkota Kerajaan Saudi Mohammad bin Salman, Presiden Brazil Jair Bolsonaro, PM Australia Scott Morrison, dan Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan.

Serangkaian pertemuan bilateral ini merupakan sesi terakhir yang diikuti oleh Presiden Jokowi dalam KTT G20. Setelah itu Presiden Jokowi dan Ibu Negara Iriana bersama rombongan kembali ke Tanah Air pada sore hari.

 

3 dari 3 halaman

Saksikan video pilihan di bawah ini: