Sukses

Ulang Tahun ke-58, Jokowi Kebanjiran Ucapan Selamat

Presiden ketujuh RI yang kerap disapa Jokowi ini dilahirkan pada 21 Juni 1961 di Surakarta, Jawa Tengah.

Liputan6.com, Jakarta - Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo genap berusia 58 tahun hari ini, Jumat 21 Juni 2019. Presiden ketujuh RI yang kerap disapa Jokowi ini dilahirkan pada 21 Juni 1961 di Surakarta, Jawa Tengah.

Ucapan selamat ulang tahun mengalir untuk Jokowi. Doa panjang umur, kesehatan, kesuksesan, hingga kebijaksaan mengalun untuknya.

Selamat ulang tahun diucapkan tokoh hingga masyarakat melalui media sosial. Salah satunya dari Sekretaris Kabinet Pramono Anung melalui akun instagramnya.

"Selamat Ulang Tahun Bapak Presiden @jokowi, semoga Bapak selalu sehat, panjang umur dan sukses selalu memimpin Bangsa Indonesia ... Aamiin YRA #doakumohon #ulangtahun," tulis Pramono Anung dalam caption foto yang diunggahnya.

 

 

Ucapan juga mengalir dari dokter sekaligus penyanyi Tompi di akun instagram. "Happy Bday Mr President @jokowi." tulis Tompi yang mengunggah foto Jokowi dalam kerumunan massa.

Komposer Addie MS tak mau ketinggalan. Dia mengucapkan selamat ulang tahun untuk Jokowi.

"Selamat berulang tahun, Pak Jokowi...😊 . Lanjutkan langkahmu! Allah SWT besertamu. Aamiin."

Ucapan selamat ulang tahun Jokowi yang genap berusia 58 tahun ini menjadi trending topic di media sosial twitter. Tagar #HBDJokowi kemudian #HBD58PRESIDENJOKOWI bermunculan. Ucapan selamat ulang tahun terus mengalir untuk Jokowi dari warganet.

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Lahir dari Keluarga Sederhana

Lahir pada 1961, Jokowi bersama keluarganya hidup sederhana di sebuah kontrakan yang berlokasi di bantaran sebuah sungai di Solo. Untuk menghidupi Jokowi dan saudaranya, sang ayah sehari-hari berjualan kayu.

Ayah Jokowi bahkan pernah membawa istri dan anak-anak hidup berpindah-pindah dari satu kontrakan ke kontrakan lainnya. Mereka juga pernah merasakan digusur Pemerintah Kota Solo dari tempat tinggalnya di bantaran Kali Pepe, dan hidup menumpang di kediaman seorang kerabatnya di daerah Gondang.

Namun, bagi Jokowi, waktu-waktu sulit tersebut merupakan cara Tuhan yang sangat tepat untuk membangun karakter dirinya di masa depan.

Meski hidup dalam kesederhanaan, Jokowi muda berhasil menyelesaikan kuliahnya di Fakultas Kehutanan Universitas Gadjah Mada (UGM), Yogyakarta. Dia bahkan sempat mencicipi pengalaman kerja di perusahaan BUMN di Aceh. 

Mantan Wali Kota Solo ini pernah pula bekerja sementara waktu pada pabrik sang paman. Sampai akhirnya dia memutuskan untuk berhenti dan mulai membuka usaha mebel yang seiring waktu berjalan semakin berkembang.

 

3 dari 3 halaman

Kesuksesan

Kini, Jokowi tak hanya dikenal sebagai pengusaha sukses. Sebelum menjadi Presiden RI, dia pernah masuk dalam jajaran wali kota terbaik di dunia ketika menjadi Wali Kota Surakarta.

Situs World Mayor menobatkan pria yang juga pernah menjabat sebagai Gubernur DKI Jakarta itu sebagai wali kota terbaik nomor tiga di dunia pada 2012.

Kiprahnya sebagai orang nomor satu di Jakarta pun tidak diragukan. Meski tak sampai 3 tahun memimpin, Jokowi telah membuat sejumlah gebrakan.

Yang cukup fenomenal adalah pembenahan Waduk Pluit yang dulu dihuni 1.600 pemukim liar. Pemukim liar ini tidak digusur secara paksa olehnya. Sebab, Jokowi melakukan pendekatan dengan berdialog ke warga dan merelokasinya ke rumah susun.

Kesuksesaannya sebagai pengusaha, kini diikuti pula oleh kedua putranya, yaitu Gibran Rakabuming Raka dan Kaesang Pangarep. Seperti pepatah bilang, buah tak jatuh dari pohonnya, Gibran dan Kaesang pun menjadi pengusaha sukses di bidangnya masing-masing. 

Kini di usia yang genap ke-58, Jokowi telah dikaruniai dua orang cucu. Cucu laki-laki bernama Jan Ethes Srinarendra, buah pernikahan dari anak sulungnya Gibran Rakabuming Raka dan Selvi Ananda Putri.

Sedangkan cucu kedua, bernama Sedah Mirah Nasution, putri dari anak perempuannya Kahiyang Ayu dengan pria keturunan Mandailing, Sumatera Utara bernama Bobby Nasution.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini